Akhirnya...Jessica Hayes Menikahi Yesus Kristus

On The Spot  MINGGU, 16 DESEMBER 2018 , 12:30:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Akhirnya...Jessica Hayes Menikahi Yesus Kristus
RMOLSumsel. Inilah Jessica Hayes. Ia tengah menjalani upacara pernikahan. Mana pengantin prianya? Tidak ada. Sebab ia tengah dinikahkan dengan Yesus Kristus.
Begitulah  yang terjadi Fort Wayne, Indiana, Amerika Serikat, di mana Jessica Hayes berprofesi sebagai guru. Pada pernikahan itu, ia berbusana bak pengantin pada umumnya, mengenakan gaun berwarna putih. Yang berbeda adalah saat upacara pernikahan dilangsungkan di gereja, tak tampak pengantin laki-laki..

Saat mengucapkan ikrar, ia berjanji untuk tidak akan pernah menjalin hubungan cinta dengan orang lain sepanjang hidupnya. Dalam agama Katolik, Hayes dikenal dengan "perawan yang disucikan".

Tak seperti biarawati, perempuan-perempuan yang disucikan tidak tinggal di komunitas tertutup. Mereka juga tidak mengenakan pakaian khusus. Mereka seperti orang kebanyakan, punya pekerjaan dan hidup normal.
.

"Profesi saya adalah guru, saya telah menekuninya selama 18 tahun," ungkap Hayes yang tinggal di Fort Wayne, Indiana, Amerika Serikat seperti dikutip dari Kantor Berita BBC, Minggu (16/12).

Ketika tak mengajar, ia mendedikasikan waktunya untuk kegiatan agama.

"Rumah saya tak jauh dari gereja. Saya membantu keluarga dan teman. Saya selalu sisihkan waktu untuk Tuhan," katanya.

Baik di dalam maupun di luar Katolik, tak banyak yang mengenal konsep perawan yang disucikan seperti Hayes karena baru diatur secara terperinci oleh otoritas Gereja Katolik sekitar 50 tahun yang lalu.

Padahal, perempuan yang menjalani fungsi tersebut sudah ada sejak awal kelahiran agama ini.

Pada tiga abad pertama Setelah Masehi, banyak yang meninggal sebagai martir, meninggal dunia ketika kukuh memegang keyakinan terhadap Tuhan.

Salah satunya adalah Santa Agnes dari Roma, yang dikisahkan menolak menikah dengan gubernur kota itu karena lebih memilih mendedikasikan waktunya untuk Tuhan.

Praktik ini menurun di abad pertengahan seiring dengan popularitas biara dan biarawati. Pada 1971, Gereja Katolik mengeluarkan dokumen yang mengakui perempuan-perempuan yang secara sukarela menyisihkan waktu untuk agama dan Tuhan.

Hayes mengakui tadinya tak pernah terpikir untuk menjadi perawan yang disucikan dan menikah dengan Yesus Kristus. Keinginan itu datang saat ia bertemu dengan penasehat spiritualnya.

"Dari sini, menjadi sangat jelas bahwa Tuhan menginginkan saya untuk menjalani hidup sebagai pasangan-Nya," kata Hayes.[ida]


Komentar Pembaca
KPK Mestinya Panggil Tjahjo

KPK Mestinya Panggil Tjahjo

SELASA, 15 JANUARI 2019 , 15:00:00

Rizal Ramli: Kunci Kemenangan Prabowo-Sandi Adalah Militansi
Sampaikan Visi Misi, Jokowi Langgar UU Pemilu?

Sampaikan Visi Misi, Jokowi Langgar UU Pemilu?

SENIN, 14 JANUARI 2019 , 15:00:00

Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00