Tuntutan Sama Tapi Demonstran Tinggal Sepertiga

Politik  MINGGU, 16 DESEMBER 2018 , 10:45:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Tuntutan Sama Tapi Demonstran Tinggal Sepertiga
RMOLSumsel. Negara Prancis, Paris, sedikit lebih tenang kini. Unjukrasa yang digelar setiap Sabtu selalma 5 pekan terakhir kemarin hanya diikuti sekitar 33 ribu demnonstran. Pada empat Sabtu sebelumnya, jumlah mereka mencapai 100 ribu pengunjukrasa.

Diberitakan Kantor Berita VOA Indonesia hari ini, Minggu (16/12), demo kemarin kembali memprotes mahalnya biaya hidup. Demonstrasi lebih tenang di seluruh negara itu, Sabtu (15/12).

Kecilnya jumlah demonstran sebagian disebabkan konsesi yang dibuat Presiden Emmanuel Macron awal pekan ini. Di samping itu, cuaca dingin dan hujan.

Ribuan orang memadati Ibu Kota Paris pada Sabtu. Beberapa bentrokan terjadi antara para pengunjukrasa dan polisi. Polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan meriam air ke arah para demonstran yang berlarian di jalan-jalan sekitar kawasan Champs-Elysees yang terkenal.

Sekitar 8 ribu polisi dan 14 kendaraan lapis baja dikerahkan untuk mencegah protes bergulir menjadi kekerasan seperti sebelumnya, dimana para demonstran menjarah toko-toko dan membakar barikade di jalan-jalan. Polisi mengatakan lebih dari 115 orang diamankan Sabtu siang.

Sepekan lalu, para pejabat Prancis mengatakan lebih dari 100 ribu orang telah bergabung dalam protes-protes di seluruh negara itu. Pekan ini, polisi mencatat hanya ada lebih dari 33 ribu orang di seluruh negara itu. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00