Singa Podum Asal Druju Itu Telah Tiada...

Ragam  MINGGU, 16 DESEMBER 2018 , 07:52:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Singa Podum Asal Druju Itu Telah Tiada...
RMOLSumsel. Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang tengah berkabung. Ulama senior yang juga Wakil Rais Syuriah PCNU Malang KH Buchori Amin telah tiada. Beliau tutup usia kemarin, Sabtu (15/1) pukul 15.30WIB,
KH Buchori Amin merupakan mubaligh kondang. Ia bahkan digelari Kiai Singa Podium asa Druju. Ia mengembuskan nafas terakhir kemain saat memberikan tausiyah pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyan, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dikutp dari berbagai sumber, Kiai Bochori berceramah di acara bertemakan "Nabi Muhammad Teladan Sejati" yang dihadiri oleh ribuan orang. Jamaah terdiri dari para santri, undangan, dan masyarakat umum.  Kiai Buchori berceramah dalam posisi duduk di kursi di atas panggung.

Setelah sekitar 30 menit ia berceramah dan dipuncak-puncak tausiyahnya, tiba-tiba saja mikrofon yang dipegang Kiai terjatuh.  Terdengar ia mengucapkan "Nuli bejo... Nuli Bejo.. Wong sing gak tau kepetuk aku... (Sungguh beruntungnya, orang yang tidak bertemu dengan saya", seperti yang dikutip dari laman Wow Keren pagi ini, Minggu (16/12).

Sontak seluruh jamaah terkejut. Mereka pun bergegas ke panggung.

Fathul Wahab, Ketua Panitia Maulid Nabi di Ponpes Al Ishlahiyah, mengatakan bahwa saat kejadian Kiai Buchori belum lama berceramah di atas panggung. Kiai langsung dilarikan ke Muslimat Medical Center Singosari.

"Beliau Mauidhah belum ada 30 menit, kemudian mik yang dipegangnya terjatuh. Kemudian dibawa ke Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari," katanya.

Ia menambahkan, "Saat itu kebetulan ada wali santri yang perawat, sudah mengecek kondisi Kiai Buchori dan sudah dalam kondisi meninggal dunia."

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Syadad menyampaikan duka mendalam atau berpulangnya Kiai Buchori. Ia mengatakan bahwa Wakil Rais Syuriah PCNU tersebut dikenal sebagai singa podium di kalangan warga NU.

"Kami sangat berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya KH Buchori Amin. Beliau Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang. Kami sangat kehilangan sosok Kiai Buchori Amin yang pemberani, istiqamah dalam bernahdlatul ulama," ucap Husnul.

"Di zamannya dulu, ketika orde baru beliau dikenal sebagai singa podium di kalangan warga NU dan masyarakat di Malang," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

Budaya14 Januari 2019 09:31

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Politik15 Januari 2019 18:12

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Kriminal16 Januari 2019 19:18

Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat