Foto Pribadi Hampir 7 Juta Facebooker Bocor...!

On The Spot  SABTU, 15 DESEMBER 2018 , 15:46:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Foto Pribadi Hampir 7 Juta Facebooker Bocor...!
RMOLSumsel. Perhatian! Tadi malam, Jumat (14/12), Facebook mengumumkan telah terjadi kesalahan perangkat lunak. Akibatnya foto-foto pribadi milik hampir 7 juta Facebooker (pengguna Facebook) terekspos ke publik.

Bukan tidak mungkin di antaranya adalam milik para pembaca setia RMOLSumsel.com. Dan tereksposnya foto-foto hampir 7 juta Facebooker ini merupakan isu terbaru dalam rangkaian pengamanan data pengguna di Facebook.

Pihak Facebook hari mengatakan gangguan pada foto itu memberi sekitar 1.500 aplikasi perangkat lunak akses tidak sah ke foto-foto pribadi selama 12 hari pada bulan September lalu.

Gangguan perangkat lunak itu berdampak ke pengguna yang memberi izin kepada aplikasi pihak ketiga untuk mengakses foto-foto mereka. Facebook biasanya hanya mengizinkan aplikasi itu mengakses foto yang memang disediakan pengguna.

Namun, seperti dilansir VoA Indonesia hari ini, Sabtu (15/12), disebutkan gangguan itu memungkinkan aplikasi itu melihat foto-foto lain, termasuk yang ada di Marketplace dan Facebook Stories, serta foto-foto yang diunggah tetapi tidak untuk dilihat semua orang.

Belum diketahui apakah ada dari foto-foto itu yang benar-benar diakses.

Pengatur utama Facebook di Uni Eropa, Komisaris Perlindungan Data Irlandia, mengatakan sedang menyelidiki insiden itu untuk menentukan apakah perusahaan itu mematuhi aturan baru privasi yang ketat yang ditetapkan Uni Eropa atau tidak.

Walaupun menyatakan kesalahan itu telah diperbaiki, pengungkapan isu itu membuat Facebook kembali disorot setelah menghadapi rangkaian pelanggaran keamanan dan privasi. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00