Bermasalah Dengan Konsumsen, Perbankan Dilaporkan

Ekonomi  SABTU, 15 DESEMBER 2018 , 08:34:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Bermasalah Dengan Konsumsen, Perbankan Dilaporkan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Total ada 175 masalah yang berkaitan dengan industri keuangan di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Dimana, ratusan masalah yang dilayangkan konsumen tersebut, ungkap Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Panca Hadi Suryatno, didominasi sektor perbankan.

"Berdadarkan laporan konsumen, ada 175 masalah hingga Nombember 2018. Dimana, dari data kami, perbankan yang paling banyak dilaporkan dengan persentase sebesar 63% disusul pembiayaan 24% kemudian asuransi sebesar 11% dan sisanya lembaga jasa keuangan (LJK)," ungkap Panca saat acara media information sharing.

Lebih lanjut disampaikannya, restrukturisasi kredit, penyelesaian kredit dan pemblokiran rekening tabungan, menjadi masalah yang paling banyak dilaporkan.

Sementara, untuk asuransi biasanya, masalah yang terjadi terkait klaim asuransi dan untuk pembiayaan terkait dokumen BPKP yang belum diterima konsumen.

"Kami terus melakukan berbagai upaya perlindungan konsumen baik dalam bentuk preventif maupun represif. Selain melayani pengadaan melalui surat, langsung dan telepon kami juga telah berkoordinasi dengan tim kerja satgas waspada investasi daerah," ulasnya.

Panca mengemukakan otoritas telah melakukan berbagai upaya perlindungan konsumen baik dalam bentuk preventif maupun represif.

"Selain melayani pengadaan melalui surat, langsung dan telepon kami juga telah berkoordinasi dengan tim kerja satgas waspada investasi daerah," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00