Bappeda : RPJMD Palembang Tahun Ini Lebih Baik

Politik  JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Bappeda : RPJMD Palembang Tahun Ini Lebih Baik

Walikota Palembang Harnojoyo/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Usai dilantik, Walikota dan Wakil Walikota Palembang, H. Harnojoyo - Fitrianti Agustinda mulai melaksanakan kewajibannya untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, Jumat (14/12/18), bersama OPD dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), mulai melaksanakan pembahasan serius Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD, yang menjadi keinginan kuat pemerintah dalam rangka membangun kota palembang selama lima tahun kedepan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan rencana awal mewujudkan program kerja dan visi misi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Dimana, rancangan awal RPJMD berdasarkan Permendagri 86 tahun 2018 wajib diselesaikan enam bulan sejak kepala daerah dilantik.

"Pelaksanaan ini adalah kewajiban Pemerintah Daerah untuk melaksanakannya. Karena, sesuai dengan peraturan, ini harus dilakukan enam bulan setelah dilantik," ungkapnya.

Harrey menerangkan, berhasilnya pembangunan di sebuah kota dilihat dari capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana kota palembang di tahun 2018 mencapai 77,22 % lebih tinggi dari capaian IPM nasional, dan kota palembang dikatakan berhasil dalam melaksanakan pembangunan.

"Kita bersyukur, pada tahun ini lebih baik dari capaian RPJMD sebelumnya. Dan kami akan terus berkomitmen dalam mendampingi OPD terkait penyusunan program kerja dan penganggaran masing-masing-masing," ulasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Ardiansyah mengatakan, RPJMD merupakan keinginan pemerintah dalam rangka membangun kota palembang selama lima tahun ke depan, dan dilaksanakan oleh seluruh OPD yang ada di Pemkot Palembang.

"Seperti pembahasan Konsulrasi Publik RPJMD yang dilaksanakan hari ini. Dimana, seluruh OPD terkait dapat mensuport Walikota dan Wakil Walikota dalam menargetkan Palembang bebas banjir 2022," ungkapnya.

Ardiansyah berharap, apa yang dilaksanakan Pemkot Palembang sesuai harapan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat itu sendiri.

DPRD tidak akan menghambat sepanjang sesuai dengan aturan dan Pemkot Palembang dapat meyakinkan DPRD bahwa program kerja tersebut memang harus dilaksanakan.

"Selama ini kami melihat kelemahan RPJMD yang lalu berhubungan kinerja OPD. Dimana, banyak kepala OPD yang belum mengerti tupoksinya," tuturnya.

Kedepan, OPD harus ada inovasi dan harus jelas indikator capaian RPJMD yang akan dilaksanakan. Termasuk harus ada sinkronisasi antara RPJMD pusat, provinsi dan Kota Palembang.

"Kami berharap Pemerintah Provinsi maupun pusat juga dapat mendukung, apalagi itu berkaitan dengan kemajuan suati daerah," tandasnya.[sri]









Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00