Cara Mudah Merawat Rambut Dirumah

Lifestyle  JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 15:58:00 WIB

Cara Mudah Merawat Rambut Dirumah

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Rajin pergi ke salon rupanya tak cukup membuat rambut semakin sehat dan berkilau. Sebab, kesehatan rambut tergantung bagaimana kita merawatnya setiap hari.

Dilansir dari The Guardian, setidaknya ada 7 cara yang harus diterapkan dalam keseharian untuk merawat rambut.

1. Dapatkan Protein yang Cukup

Rambut terbentuk dari lapisan unsur protein yang disebut keratin. Sehingga jika tidak mendapatkan protein yang cukup maka dapat membuat rambut kering dan rapuh. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengonsumsi ayam, ikan, produk susu, dan telur dalam makanan harian agar lapisan protein tercukupi. Sumber yang baik untuk vegetarian dan vegan adalah kacang-kacangan, tahu dan quinoa. Karbohidrat kompleks dan zat besi juga penting untuk kesehatan rambut.

2. Sisir Rambut dengan Lembut

Penggunaan sisir yang keliru menjadi salah satu penyebab paling umum kerusakan rambut. Gunakanlah sisir dari plastik atau berbentuk bulat. Menyisir rambut dari ujung dengan lembut menuju ke bagian atas kepala juga membantu menghindari kerontokan.

3. Keringkan Rambut dengan Alami

Hairdryers dan alat styling yang dipanaskan dapat membuat rambut rapuh dan kurang bersinar. Rambut berubah ketika terkena panas dari terus-menerus. Sebaiknya Anda membiarkan rambut mengering dengan alami, dan jika menggunakan pengering rambut, gunakan semprotan pelindung atau serum. Lalu secara bertahap mulailah dari suhu terendah sebelum meningkatkan panas.

4. Kelupas Kulit Kepala Anda

Cuaca dingin bisa memperparah ketombe. Sampo yang mengandung zinc pyrithione atau salicylic acid direkomendasikan untuk mengobati ketombe. Jika ingin membuat scrub sendiri, Anda bisa menuangkan serpihan garam laut ke dalam sampo dan gosok ke permukaan kulit kepala sebelum mandi.

5. Hilangkan Stres

Stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Olahraga, diet sehat, meditasi, dan mengutamakan tidur dapat membantu menghilangkan stres tubuh dan pikiran.

6. Hidrasi Rambut Uban

Rambut uban memiliki tekstur lebih halus dan lebih rapuh, tetapi dapat terlihat lebih kasar karena kelenjar minyak menghasilkan lebih sedikit sebum seiring dengan bertambahnya usia. Sebaiknya Anda menggunakan kondisioner dan minyak yang menghidrasi dan melembapkan seperti argan dan jojoba sebagai bagian dari rutinitas untuk melembutkan rambut dan mengurangi kusam.

7. Potong Rambut dengan Teratur

Sangat penting untuk menyingkirkan ujung bercabang sebelum kerusakan bergerak ke atas. Idealnya potong ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu. [irm]

Komentar Pembaca
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

Budaya14 Januari 2019 09:31

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Politik15 Januari 2019 18:12

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Kriminal16 Januari 2019 19:18

Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat