Di Pagaralam..Kemenag Sertifikatkan 100 Persil Wakaf

Daerah  JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 11:32:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Di Pagaralam..Kemenag Sertifikatkan 100 Persil Wakaf
RMOLSumsel. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pagaralam, telah mensertifikatkan sebanyak 100 persil tanah wakaf tempat ibadah, baik itu masjid maupun mushola, tersebar di wilayah Kota Pagaralam.


Kasi Bimas Islam Kemenag Pagaralam Yusmanto CA mengatakan, tanah wakaf sejumlah masjid dan mushola belum semuanya memiliki legalitas secara hukum.

 Secara bertahap, sejumlah persil wakaf akan kita ajukan melalui kebutuhan anggaran yang ada, sehingga dapat disertifikatkan memiliki ketetapan hukum yang jelas serta legalitas, guna menghindari konflik yang sering terjadi dan tidak ada orang yang akan menggugat lahan tersebut,” terangnya.

Menurut Yusmanto, pihaknya juga bakal mendata lahan bangunan mushola dan masjid yang belum memilki sertifikat. Pasalnya, sebagian besar lahan pendirian tempat ibadah ini kebanyakan wakaf dari warga.

Sejak 2013 hingga 2018, hampir sebanyak 100 persil wakaf masjid dan mushola maupun madrasah sudah disertifikatkan, tertuang di dalam bentuk akta ikrar wakaf,” jelasnya.

Apabila lahan seluruh masjid dan mushola memiliki sertifikat, maka tidak ada bisa orang mengklaim itu milik mereka.

Kita berharap persoalan tanah wakaf di Kota Pagaralam dapat terdata jelas secara hukum, yaitu memiliki sertifikat,” katanya. [ida] 

Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00