Ditemukan..Kampung Megalith Baru di Pagaralam

Daerah  KAMIS, 13 DESEMBER 2018 , 18:55:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Ditemukan..Kampung Megalith Baru di Pagaralam
RMOLSumsel. Tim survey Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam kembali menemukan kampung megalith. Temuan terbaru ini berada di Desa Danau Alai Benua Keling, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan.

Adalah Beben (28), salah seorang warga,  yang pertama kali melihat batu besar berukiran arca di dalam kebun kopi milik Jamaludin, warga setempat. Selain arca di tempat tersebut ditemukan juga dolmen, meja batu, teralith, dan macam-macam lainya.

Mendapati laporan tersebut, tim survey langsung turun ke lapangan. Mereka melakukan survey di mana benda tersebut ditemukan.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Pagaralam Ali Akbar Fitriansyah mengatakan bahwa berdasarkan keterangan dari Arkeolog Pagaralam temuan situs megalith ini termasuk lengkap.

"Dan bisa dikategorikan bahwa kampung megalit ini setara dengan situs yang ada di Desa Tegurwangi Kecamatan Dempo Utara,"terangnya.

Karena menurutnya,di Kota Pagaralam sangat jarang terdapat arca dalam satu area dalam jumlah lebih dari 3 , dimana dikampung megalitik ini ditemukan 5 Arca, 2 dolmen,4 meja batu, 2 tetralith, dan 1 lumpang batu (namun sudah pecah).Dan Arca yang ditemukan memiliki bentuk manusia yang sedang menunggang gajah dan rata-rata sudah tidak utuh di bagian kepala.

"Kemungkinan hal ini rusak oleh proses alam atau manusia,"ujarnya

Ia mengatakan,Dilihat dari bentuk dan motif ukiran,termasuk sezaman dengan Situs Batu Gong dan Situs Tanjung Aro.Usia megalitik tersebut diperkirakan usia megalit tersebut sudah mencapai  1500-2000 tahun.

"Dengan adanya temuan kampung megalitik terbaru ini,tim survey disdikbud akan melaporkan kepada BPCB Jambi dan Balar Palembang,agar nantinya dapat di data dan diteliti lebih lanjut.Selain itu peran jupel (juru pelihara) sangat dibutuhkan untuk menjaga temuan terbaru di Benua Keling ini,mengingat masyarakat belum banyak mengerti penting situs megalitik."pungkasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00