Suka Duduk Menyilang, Ini Bahayanya

Laporan : Irmayani

Lifestyle  JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 08:14:00 WIB

Suka Duduk Menyilang, Ini Bahayanya

Duduk Menyilang/NET

RMOLSumsel. Kebanyakan wanita senang menyilangkan kakinya ketika duduk. Memang duduk jadi terasa lebih nyaman dan anggun, namun ternyata sebaiknya Anda tidak menjadikan duduk seperti ini sebagai kebiasaan. Kebiasaan duduk seperti ini akan merugikan Anda bila dilakukan terus-menerus, utamanya dalam fungsi tulang.

Menyilangkan kaki Anda hanyalah salah satu elemen yang bisa menempatkan tulang belakang Anda ke posisi yang rentan, jadi penting untuk memikirkan postur Anda, posisi layar komputer Anda, posisi mouse dan keyboard Anda, ketinggian kursi Anda dan di mana telepon Anda ditempatkan.

"Ada banyak informasi yang bertentangan yang tersedia pada apakah duduk dengan kaki Anda disilangkan untuk waktu yang lama bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti varises atau tidak," kata Dr. Alexandra Oliver, direktur klinis asosiasi di Bupa UK (bupa.co.uk), seperti dilansir laman Virginmediatelevision.

Meskipun ada hubungan yang disarankan antara berdiri atau duduk untuk waktu yang lama dan varises, namun belum ada bukti yang pasti untuk ini.

Oliver mengatakan bahwa kaitan ini terkait dengan varises yang terjadi di mana ada peningkatan tekanan pembuluh darah di kaki - seperti ketika Anda memiliki satu kaki bertumpu pada kaki yang lain, maka hal ini akan membatasi aliran darah Anda.

"Ini bisa terjadi jika seseorang duduk atau berdiri untuk jangka waktu yang panjang, karena pembuluh darah Anda memiliki katup untuk menjaga agar darah tidak mengalir ke belakang," jelas Oliver.

"Duduk atau berdiri bisa menyebabkan darah menggenang di dalam pembuluh darah di tungkai, yang bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada vena tungkai. Pada gilirannya, maka hal ini bisa menyebabkan pembentukan varises," tambah Oliver.

Dikatakan demikian, menyilangkan kaki Anda mungkin bukan alasan definitif untuk munculnya pembuluh darah yang berwarna ungu dan membesar di kaki Anda. Oliver mengatakan bahwa ada faktor risiko lain yang diketahui yang bisa menyebabkan varises, seperti kelebihan berat badan, memiliki riwayat keluarga dengan varises dan sedang hamil.

"Nyeri punggung bisa terjadi pada mereka yang duduk sepanjang hari di tempat kerja," kata Oliver.

Ini bisa dikaitkan dengan orang yang tidak memiliki ruang kerja atau stasiun kerja yang sesuai. Untuk mengkompensasi pengaturan, Anda bisa menyesuaikan posisi Anda, yang bisa membuat punggung atau leher Anda tertekan seiring waktu. Namun, duduk untuk jangka waktu yang lama yang cenderung melakukan lebih banyak kerusakan daripada menyilangkan kaki Anda - jadi bangun dan bergeraklah. [irm]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00