Dengan Tapping Box..Harnojoyo Kejar Capaian Provinsi

Sosial  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 21:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dengan Tapping Box..Harnojoyo Kejar Capaian Provinsi
RMOLSumsel. Pemasangan tapping box pada mesin pembayaran di tempat hiburan, hotel dan restoran, menjadi bagian kecil rencana Walikota Palembang H Harnojoyo menggenjot capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi.

Potensi-potensi akan terus digali, agar Palembang menjadi kota mandiri dan tidak lagi bergantung pada Pemerintah Pusat.

Kepada RMOL Sumsel, Kamis (6/12), Harnojoyo mengungkapkan dengan meminta pendampingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), saat ini terus dilakukan pembenahan terhadap potensi-potensi pendapatan Pemkot Palembang.

"Sebelum ini kita mulai, kita ingin agar Pemerintah bersama masyarakat memahami bahwa kemandirian suatu daerah itu diukur dari pendapatan, jadi daerah tidak bisa mandiri tanpa pendapatan. Alhamdulillah apa yang kita lakukan mendapat support dari KPK dan Pemerintah Provinsi Sumsel," ungkapnya.

Sejauh ini untuk mendukung semua program terkait dengan potensi peningkatan PAD,  Pemkot Palembang bekerjasama juga dengan Bank Sumsel Babel terkait pemasangan tapping box. Selain itu, baru-baru ini juga Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) dan Badan Pertanahan (BPN) Kota Palembang terkait kerjasama host to host.

"Tidak hanya menggenjot sektor pajak hotel dan restoran, dan izin reklame. Dimana, kita juga menggenjot jenis pajak maupun retribusi lain, seperti kerjasama host to host untuk peningkatan pajak PBB dan BPHTB," ulasnya.

Dengan terus menggali potensi-potensi yang ada dengan dibantu KPK, Harnojoyo optimis PAD Palembang kurang dari lima tahun bisa mencapai diangka Rp3-4 triliun dan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Palembang bisa sama dengan Provinsi Sumsel.

"Saat ini saja kita menambah target PAD dari sektor pajak dan retribusi sebesar Rp500 miliar di ini. Artinya PAD Kota Palembang di tahun depan bisa mencapai Rp2 triliun," tandasnya.

Sementara itu, Pimpinan KPK Thony Saut Situmorang menerangkan, apa yang dilakukan Pemkot Palembang melalui pemasangan tapping box, merupakan teknologi untuk membangun kepercayaan. Jadi teknologi itu memang digunakan untuk membangun integritas bangsa Indonesia.

"Melalui teknologi, kita ingin bangun kepercayaan masyarakat. Jadi yang ingin kita bangun melalui tapping box adalah gerakan moralnya," ulasnya.

Lebih lanjut diterangkan Saut, apa yang dilakukan di Palembang, melalui pemasangan tapping box, penertiban reklame tidak berizin hari ini, bukan untuk melakukan tindakan hukum.

Dimana, gerakan yang dimotori Walikota bersama KPK untuk merubah maindset, bagimana merubah pola pikir yang berkaitan dengan peningkatan pendapatan asli daerah.

Jadi disini bagaimana pemerintah bisa mengelola, dengan menjaga teks ratio jadi lebih ideal, supaya indeks persepsi korupsi kita lebih baik

"Jadi yang kita ambil adalah mindset-nya dulu, bahwa ada sesuatu yang merupakan tugas negara, untuk mengambil dan memeliharanya serta mengembalikan ke rakyat. Karena Itu nanti juga akan dikembalikan ke rakyat, berupa gaji, sarana rakyat seperti jalan, perlindungan dll," ungkapnya.

Saut mengatakan, untuk di Palembang sendiri, KPK akan terus mendampingi keinginan Walikota dalam peningkatan PAD dari sektor penerimaan pajak.

"Kita masuk di detail-detailnya sampai ke teknologinya, seperti apa teknologi yang dipakai, sehingga saat kamu makan di rumah makan, maka pajak yang dibayarkan akan masuk langsung ke sistem dan itu bisa dilihat langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota," terangnya. [ida]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00