Kades Mangku Negara Dituntut 6 Bulan Penjara

Hukum  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 16:14:00 WIB | LAPORAN: EDWINSYAH SATRIA

Kades Mangku Negara Dituntut 6 Bulan Penjara

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dalam sidang lanjutan perkara dengan terdakwa Akira, selaku Kepala Desa Mangku Negara yang didakwa melakukan penggelapan dana tunjangan perangkat desa, dan jaksa menuntut terdakwa dengan hukuman 6 bulan penjara.

Pada fakta persidangan, yang dipimpin hakim Arpisol SH, Kamis (6/12) di Pengadilan Negeri Muara Enim, jaksa Raditya Wisnu Aji SH LL.M menilai terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan yang melanggar pasal 374 kuhp jo pasal 65 ayat 1 kuhp, Tentang pengelapan dalam jabatan dan perbarengan tindak pidana.

Dalam tuntutan yang kami kenakan kepada terdakwa hari ini sudah dipertimbangkan secara matang. Melihat rasa keadilan dan kemanusian. Tujuannta bukan membalas dendam terhadap terdakwa, tapi lebih kepada meberikan efek jera dan terdakwa menyadari perbuatannya,” terang Radityo yang diwawancarai usai persidangan.

Selanjutny, ditambahkan Radityo, yang mebacakan berkas tuntutan sebanyak 34 halaman, pada agenda selanjutnya adalah putusan dari hakim sesuai dengan tuntutan yang sudah dibacakan. Tadi terdakwa sudah melakukan pembelaan secara lisan. Nah, tinggal nanti putusan dari hakim,” pungkasnya.

Sementara itu, pelapor yang dalam hal ini pihak yang merasa dirugikan dalam perkara yang salah satunya adalah saudara Rudi Hartono mengatakan, usai mendengar tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut pihaknya menerima, namun tetap ada langkah selanjutnya.

Melihat tuntutan jaksa tadi kami menerima. Namun, apabila putusan hakim kami anggap tidak sesuai maka kami akan mengambil langkah selanjutnya yakni melakukan banding ke Kejaksaan Tinggi,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada agenda sidang sebelumnya, yakni keterangan saksi saksi, menurut jaksa, terdakwa sudah mengakui perbuatannya dan hal itu sudah cukup untuk melakukan tuntutan.

Pada sidang itu,  JPU juga menghadirkan  para perangkat desa seperti, Rahmat Efendi selaku Kaur Pemerintahan Desa, Bendahara Desa, Marsuhani dan Jeri mantan Kabid di Dinas PMD. Sidang lanjutan itu juga dihadiri  saksi dari pihak  terdakwa yani Beni Adiar selaku Kaur Umum Desa.[irm]



Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00