KPK : Tak Ada Negara Hidup Tanpa Pajak

Politik  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

KPK : Tak Ada Negara Hidup Tanpa Pajak

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menyatakan sektor penerimaan pajak merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pimpinan KPK RI, Thony Saut Situmorang mengatakan, pajak merupakan tugas negara untuk mengambil dan mengembalikan kepada rakyat berupa sarana prasarana, infrastruktur, perlindungan dan lainnya.

"Salah satunya ini pajak reklame, Bapak Walikota Palembang sudah menghitung bakal dapat tambahan PAD lebih kurang 500 juta rupiah dari pajak reklame ini. Tinggal bagaimana pemerintah mengelola apa yang disebut tax ratio supaya keuangan daerah lebih ideal," ujarnya usai acara Apel Akbar dan Penertiban Reklame Kerjasama Pemkot Palembang dengan KPK RI, Kamis (6/12).

Menurut Saut, tidak ada daerah yang dapat hidup tanpa penerimaan pajak dan pendapatan. Bukan soal besar kecil penerimaan, namun bagaimana kesadaran masayarakat sebagai wajib pajak untuk membayar pajak.

"KPK akan menyediakan teknologi penerimaan pajak berupa Tapping Box. Jadi misalnya untuk pajak rumah makan dan hotel langsung gunakan itu, pajak sebesar 10 persen langsung masuk ke kas daerah. Model teknologi ini juga sudah diterapkan di beberapa provinsi di Indonesia," jelasnya.

Sementara untuk penertiban reklame, kata dia, pemkot punya kewenangan untuk melakukan penindakan, khususnya untuk reklame yang tidak memperpanjang perijinan dengan pemerintah.

"Kalau mereka tidak mengurus perijinan yah tindakannya penurunan reklame, kalau nanti soal larinya ke pidana saya belum bisa komen. Yang penting masih banyak sektor pajak yang belum dioptimalkan pemerintah untuk meningkatakan PAD," tegas Saut.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan bahwa kemandirian suatu daerah diukut dari pendapatan. Jadi daerah tidak bisa mandiri tanpa pendapatan.

"Jadi kita akan optimalkan apa yang sudah disarankan KPK untuk meningkatkan pendapatan daerah. Jadi beberapa rumah makan sudah dipasangi tapping box untuk sistem pembayaran pajak itu. Kami juga harap dukungan masyarakat sebagai wajib pajak dapat mendukung program ini," singkatnya. [irm]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00