Gotong Royong Pernah Dilakukan di Australia

Sekarang Negara Itu Bebas Sampah

Sosial  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 11:47:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Gotong Royong Pernah Dilakukan di Australia
RMOLSumsel. Sampah pernah menjadi masalah besar Pemerintah Australia. Tapi, dengan komitmen yang kuat serta gerakan gotong royong yang pernah dicanangkan 20 tahun yang lalu, kini negara yang Kangguru tersebut, berubah total dan menjadi negara yang cukup bersih.

Hal itulah yang mendasari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, tidak pernah lelah menggerakkan program gotong royong di Palembang setiap Minggu pagi.

Apa yang digalakkan Walikota Pamembang Harnojoyo terkait program gotong royong yang dilaksanakan, mendapat apresiasi dari Minister And Deputy Head of Mission (Wakil Duta Besar) Australia untuk Indonesia, Allaster Cox.

Dimana, apa yang dikerjakan orang nomor satu di Kota Palembang tersebut, menjadi motivasi yang begitu besar terhadap perubahan Kota Palembang kedepan, terkait pola pikir masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Dulu Australia juga pernah memiliki persoalan besar terkait sampah. Tapi sejak digalakkan gerakan pungut sampah sekitar 20 tahun yang lalu hingga sekarang, pelan-pelan persoalan itu selesai dan masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan," ungkapnya kepada RMOL Sumsel.

Allaster menambahkan, apa yang dikerjakan Walikota Palembang, Harnojoyo, memang sudah seharusnya dilakukan oleh kepala daerah sekelasnya. Karena, untuk mencapai sebuah perubahan, butuh campur tangan langsung pimpinan agar semuanya dapat berjalan.

"Saya suka dengan gaya kepemimpinan Harnojoyo. Dia adalah pemimpin yang baik dan berani terjun langsung ambil sampah di sungai bersama masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Australia juga senang dengan kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

"Kita akan bantu keseriusan Walikota dalam penanganan lingkungan di kotanya, terutama soal limbah. Dimana, kami sudah bantu pembangunan pengelolaan limbah dan akan segera selesai dan ini jadi proyek terbesar yang kami kerjakan di Indonesia," sampainya.

Sementara itu, Walikota Palembang, H. Harnojoyo mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pemerintah Australia melalui Wakil Duta Besar nya.

"Kunjungan ini menjadi motivasi bagi kami. Apalagi, seperti yang diaebutkan tadi, Pemerintah Australia pernah memiliki masalah dengan sampah. Tapi itu semua selesai karena komitmen pemerintah dan masyarakatnya," ulasnya.

Kedepan, Harnojoyo menargetkan Kota Palembang kedepan dapat seperti Australia, bersih dan memikiki sistem pengelolaan limbah yang baik.

"Mimpi kita ingin Palembang bisa bersih seperti Autralia dan negera-negara maju lainnya," tandasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00