Jamaah Tabligh Kumpul di Mesjid Agung Darussalam

Laporan: Irhamudin Sutan Parmato

Sosial  RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:43:00 WIB

Jamaah Tabligh Kumpul di Mesjid Agung Darussalam

Rombongan jamaah tabligh mulai berdatangan ke mesjid agung darussalam Muara Beliti

RMOLSumsel. Masjid Agung Darussalam Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjadi lokasi pertemuan (ijtima) jamaah tabligh Indonesia bagian barat yang meliputi provinsi Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.


Ketua panitia ijtima, Ardiansyah kepada RMOL Sumsel, Rabu (5/12) mengatakan, peserta yang hadir diperkirakan akan mencapai 16 ribu-18 ribu jamaah. Bahkan menurutnya, jumlaj tersebut bisa bertambah. Kegiatan tersebut akan digelar Kamis hingga Sabtu, 6-8 Desember.

"Skalanya nasional, ini meliputi 5 provinsi yang ada di  Sumatera,'ujarnya kemarin.

Dipilihnya mesjid Agung Darussalam Muara Beliti sendiri menurutnya berdasarkan hasil keputusan bersama beberapa waktu lalu. Pihaknya sejak sebulan belakangan sudah melakukan persiapan untuk menggelar acara tersebut. Persiapan yang dimaksud menurutnya, penyediaan tenda di luar mesjid mencapai 850 unit, penyediaan sanitasi serta dapur umum.

"Jamaah akan ber'itikab di mesjid selama tiga hari tiga malam, jelas segala sesuatunya harus dipersiapkan,"terangnya.

Untuk akomodasi sendiri menurutnya, jemaah melakukan secara mandiri. Pihaknya tidak sama sekali meminta persiapan akomodasi dari pihak Pemkab Musi Rawas.

"Semua dilakukan secara mandiri, sama sekali tidak ada permintaan dana ke pihak lain,"terangnya.

Ardiansyah sendiri menjelaskan, kegiatan itu sendiri antara lain, ceramah, diskusi, dan materi tentang islam lainnya. Dimana untuk pengisi ceramah sendiri antara lain berasal dari Saudi Arabiah, India dan Bangladesh.

"Tujuan dari kegiatan ini, kita mengajak umat islam untuk menjadikan mesjid sebagai pusat kegiatan dan syiar islam," jelasnya lagi.

Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan melalui Kabag Kesra, M.Yusran Amri mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi kegiatan tersebut selaras dengan program Musi Rawas Sempurna, yaitu religi.

"Kegiatan ini termasuk selaras dengan program  kita yaitu memakmurkan mesjid,"jelasnya.

Pemkab Mura sendiri menurut Yusran dalam hal inilah hanya menyediakan fasilitas sarana berupa mesjid. Kapasitas mesjid baik didalam maupun luar menurutnya sangat memungkinkan menampung jemaah yang hadir.

"Kapasitas isi mesjid bisa mencapai 10 ribu jamaah, sisanya diluar dan sudah disediakan tenda,"terangnya. [irm]



Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

KAMIS, 24 JANUARI 2019 , 11:16:00