Biaya BBM Satu Harga Seharusnya Ditanggung Pemerintah

Ekonomi  SELASA, 04 DESEMBER 2018 , 18:20:00 WIB

Biaya BBM Satu Harga Seharusnya Ditanggung Pemerintah

Emrus Sihombing/NET

RMOLSumsel. Kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga yang diambil Presiden Joko Widodo dinilai telah merugikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dalam hal ini PT Pertamina.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengkritisi kebijakan BBM satu harga tersebut.

Diakuinya kebijakan semacam itu sebenarnya memang pro terhadap rakyat kecil. Namun, seharusnya Jokowi tidak membebankan kebijakan semacam itu kepada PT Pertamina.

"Bahan bakar satu harga merupakan suatu hal yang positif, tetapi bukan menjadi beban kepada BUMN itu sendiri. Pemerintah harus bayar," tegasnya dalam diskusi bertajuk ‘Pengelolaan BUMN di Era Pemerintahan Joko Widodo’ di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/12), seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Biaya distribusi BBM ke Papua dan daerah lain yang terpencil harus dibiayai pakai APBN, bukan oleh PT Pertamina. Sebab, Pertamina merupakan salah satu perusahaan plat merah yang tugasnya untuk mencari keuntungan bagi negara.

"Sehingga akutansinya jelas, pemasukannya dan pengeluarannya," pungkasnya. [sri]














Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00