Empat Isu Utama Ini Bayangi KTT G20

Politik  SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:20:00 WIB

Empat Isu Utama Ini Bayangi KTT G20

net

RMOLSumsel. Para pemimpin negara industri dunia resmi memulai KTT G20 di Buenos Aires kemarin (Jumat, 30/11) waktu setempat.

KTT tahunan kali ini membawa sejumlah isu besar di atas meja. Namun setidaknya ada empat isu utama yang menjadi sorotan dalam KTT G20 kali ini.

Presiden tuan rumah, Argentina, Mauricio Macri menegaskan dalam KTT tersebut bahwa solusi dari semua masalah yang tertjadi adalah dialog serta kesadaran akan tanggungjawab bersama.

Dalam KTT selama dua hari ini ada banyak pertemuan, baik pertemuan bersama, bilateral atau pun trilateral.

Isu utama yang membayangi KTT kali ini adalah perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan China. Kedua negara sejak beberapa waktu terakhir saling menerapkan peningkatan tarif impor barang.

Amerika Serikat telah menerapkan tarif atas impor China mencapai total 250 miliar dolar AS sejak Juli tahun ini. China pun telah membalas dengan mengenakan bea pada total 110 miliar dolar AS atas produk Amerika Serikat.

Pada hari kedua KTT (Sabtu, 1/12), Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan menggelar pertemuan bilateral untuk mencari jalan keluar atas situasi yang terjadi.

Isu kedua yang juga jadi sorotan adalah kasus pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada awal Oktober lalu. Kasus itu menyeret nama Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) yang disebut-sebut mengetahui rencana pembunuhan.

Meski pemerintah Saudi telah mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan bahwa MBS tidak terlibat dalam pembunuhan itu, namun negara-negara sekutu menuntut penjelasan serta penyelidikan yang valid.

Kedatangan MBS di Argentina untuk KTT G20 ini merupakan bagian dari tur pedana MBS pasca kasus pembunuhan itu.

Perdana Menteri Inggris Theresa May kemarin (Jumat, 30/11) bertemu dengan MBS. Seorang juru bicara Downing Street mengatakan bahwa May telah menekankan pentingnya memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi dihukum.

Isu ketiga adalah mengenai ketegangan antara Rusia dan Ukraina. Sekutu Ukraina, Amerika Serikat dan Eropa, yang juga bergabung dengan KTT G20, menyoroti sikap Rusia yang dinilai memicu konfrontasi dengan menembaki tiga kapal Angkatan Laut Ukraina di wilayah perairan Krimea akhir pekan lalu.

Rusia mengklaim bahwa hal tersebut dilakukan karena kapal Ukraina telah melanggar batas.

Namun hal itu berimbas pada sejumlah hal, termasuk pembatalan pertamuan bilateral antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pembatalan dilakukan oleh Trump karena menilai bahwa sikap Rusia atas Ukraina tidak benar.

Isu terakhir, mengutip BBC, yang juga menjadi sorotan adalah mengenai perubahan iklim. Ada sejumlah pandangan berbeda mengenai perubahan iklim. Salah satunya adalah dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang jelas tidak meyakini adanya perubahan iklim. [sri]










Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00