Sabet Piala KPK..Begini Perjuangan Mahasiswa Unsri

On The Spot  RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 22:59:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Sabet Piala KPK..Begini Perjuangan Mahasiswa Unsri
RMOLSumsel. Setelah melalui proses persiapan yang panjang, akhirnya Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Sriwijaya (Unsri) berhasil membawa pulang Piala Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI. Mereka memenangi Kompetisi Peradilan Semu yang digelar di Universitas Syiah Kuala, Aceh, 16-19 November 2018.

Sebanyak 18 mahasiswa,  yang tergabung dalam Asia Law Students Asosiation (ALSA) Local Chapter Unsri, dinobatkan sebagai juara pertama setelah mendapatkan predikat Majelis Hakim Terbaik, Penuntut Umum Terbaik, Saksi Terbaik, Panitera Terbaik, Berkas Terbaik, dan Ahli Terbaik.

Wakil Dekan III FH Unsri Prof Dr H Abdullah Gofar SH MH menyampaikan, sebenarnya mahasiswa yang tergabung dalam ALSA ini memang telah mempersiapkan diri selama tujuh bulan lebih, sebelum mengikuti lomba tersebut.

Anak-anak ini berangkat ke Aceh tanggal 13 November dan pencapaian ini bukan suatu proses yang mudah. Karena mereka mempersiapkan kompetisi ini dengan menyiapkan berkas selama tujuh bulan baru bertanding. Saya awalnya khawatir dengan perjuangan mereka, tapi Alhamdulillah berjalan dengan baik,” ujarnya, pada acara Welcoming Ceremony di Aula FH Unsri, Rabu (21/11).

Gofar berterus terang, apa yang dilakukan mahasiswa ini patut diapresiasi, karena ini pencapaian yang luar biasa. Waktu mereka mengirimkan berkas itu saya ngeri melihatnya. Karena hampir satu meter panjangnya. Jadi apa yang dicapai hari ini baru akan di panen 10-20 tahun mendatang,” terangnya.

Ketua Komisi III DPRD Sumsel, Ir Holda MSi menuturkan, sebagai wakil dari DPRD Sumsel pihaknya sangat mengapresiasi torehan prestasi dari ALSA FH Unsri yang mampu meraih juara pada Piala KPK RI.

Kami selaku lembaga DPRD Sumsel, menyambut baik torehan dari mahasiswa FH Unsri ini. Yakinkan, apa yang sudah didapat akan menuai hasil yang baik. Nah, bicara tentang anggaran, saya menyarankan untuk bersilahturahmi dengan Gubernur dan DPRD Sumsel, agar apa apa yang akan di budgeding itu bisa didorong. Karena tiap-tiap komisi di DPRD Sumsel terus memperjuangkan, khususnya pada pendidikan,” tuturnya.

Sementara Ketua Delegasi FH Unsri Muhammad Ridwan mengatakan, memang kalau dilihat dari awal persiapan, mereka mengeluarkan lebih dari Rp70 juta, jika dihitung dari awal pemberkasan, termasuk tiket pesawat dan sebagainya.

Itu belum sejuta cerita dibalik persiapan yang lain. Karena ketika kami lagi sibuk pemberkasan, ada kabar lomba tersebut dibatalkan. Namun akhirnya semangat lagi, karena lomba tersebut tetap diteruskan. Kemudian untuk latihan ruang sidang pun masih sangat terbatas. Ini piala yang sudah kita impikan beberapa tahun lalu,” katanya.

Demisioner Ketua ALSA LC Unsri M Brilliyan Alvayedo menambahkan, setelah mendapatkan juara pada Piala KPK RI ini, mereka akan mengikuti even serupa di Purwokerto memperbutkan Piala MA. Tapi mungkin anggotanya bukan yang ini, ada yang lain. Namun kami berharap apa yang kami dapat di Aceh, akan diikuti oleh kawan-kawan lain,” tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00