DM Pastikan Masjid Pagaralam Bebas Radikalisme

Sosial  RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

DM Pastikan Masjid Pagaralam Bebas Radikalisme

Ketua Dewan Masjid Kota Pagaralam Ahmad Nidzom /RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Badan Intelijen Nasional (BIN)  yang menyebut sekitar 41 masjid di lingkungan kementerian, lembaga, dan BUMN, terpapar radikalisme.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Dewan Masjid Kota Pagaralam Ahmad Nidzom menegaskan,  untuk wilayah Pagaralam belum terdeteksi masjid maupun materi dakwah dan ceramah yang mengandung faham radikalisme. Termasuk untuk konflik antar agama saat ini Kota Pagaralam zero konflik.

Pasalnya, kata Nidzom, umat muslim di Pagaralam sudah cerdas dan telah paham ajaran Islam sebenarnya. Pihaknya juga melakukan monitoring 216 masjid dan 61 musholla tersebar di Wilayah Kota Pagaralam.

Dia menyebutkan,  indikator konten radikalisme yang menyusup dalam materi dakwah tidak pernah ada laporan, bahkan belum ditemukan seperti ujaran kebencian, sikap negatif terhadap pemrintahan dan bentuk lainnya yang memecah belah persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

"Alhmaulillah, dan kalau bisa baik itu masjid maupun musholla di Pagaraam tidak tumbuh faham radikalisme," ungkap Nidzom, kepada RMOLSumsel , Rabu (21/11).

Lanjutnya, Kota Pagaralam paling kondusif dibanding daerah lainnya , isu SARA  tidak diberi ruang oleh masyarakat karena merugikan semua pihak.

"Masyarakat sangat rentan terlibat radikalisme yang merupakan suatu faham yang dibuat sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Untuk itu bekali diri kita dengan ilmu agama dengan baik berdasarkan pemahaman Al Quran dan hadits,” ucap Nizom.

Ditambahkan Nidzom, untuk mengantisipasi munculnya faham tersebut pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polres, Kejaksaan, pengurus masjid serta tokoh agama.[sri]













Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00