Bermasalah..BUMD Segera Dievaluasi Pemprov Sumsel

Sosial  SELASA, 20 NOVEMBER 2018 , 09:46:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Bermasalah..BUMD Segera Dievaluasi Pemprov Sumsel
RMOLSumsel. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengalami masalah keuangan, sehingga tak bisa berkontribusi maksimal bagi PAD Sumsel.

Adapun BUMD yang mengalami permasalahan keuangan tersebut  PD Prodexim,  PT Bank BPR dan,  dan PD Tambang dan Energi (PDPDE).

 PD Prodexim sejak tahun 2015 terus mengalami kerugian dan sampai dengan sekarang tidak ada setoran dividen karena permasalahan ekternal (tunggakan pajak perusahaan dan aset) dan permasalahan internal (adminstrasi perusahaan dan sumber daya/karyawan),” beber Gubernur Sumsel H Herman Deru, Selasa (20/11).

Selain itu , PT Bank BPR Sumsel sejak tahun 2017 tidak ada setoran dividen dengan alasan perusahaan mengalami permasalahan keuangan akibat kredit macet.

Dan, PDPDE Kontribusi dividen PDPDE sebagian besar sangat tergantung dari pendapatan Partisipasi Intres (PI) dari Medco, sedangkan kondisi pendapatan Partisipasi Intres (PI) mengalami penurunan yang dipengaruhi oleh turunnya harga minyak dunia dan produksi juga berkurang.


Terkait dengan upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan daerah guna memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan melakukan kehati-hatian dalam melakukan penyertaan modal, maka Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan pembinaan antara lain pembinaan Organisasi, Manajemen dan Keuangan, pembinaan Kepengurusan,  pembinaan Pemberdayagunaan Aset, pembinaan Pengembangan Bisnis, monitoring dan Evaluasi untuk penyertaan modal pada BUMD daIam rangka pengembangan usaha ataupun pengaturan struktur permodalan  dilaksanakan sete|ah dilakukan analisis investasi terhadap rencana bisnis BUMD,” katanya. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00