Mobil V8 Bentuk Sport, Bisa Di Pakai Patroli

Ragam  JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 11:59:00 WIB

Mobil V8 Bentuk Sport, Bisa Di Pakai Patroli

NET

RMOLSumsel. Mobil canggih berlabel V8 Vadi (Vehicle Autoelectric Drive Indonesia) memiliki bentuk mobil sport yang bisa digunakan untuk berpatroli.

Mobil listrik karya anak bangsa, hasil kolaborasi kerjasama V8 Sound dengan Itenas Bandung akan menjadi mobil operasional TNI Angakatan Laut (AL).

Mobil itu diluncurkan saat upacara HUT Korps Marinir di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, Angkatan Laut (AL) saat ini sedang menjajagi penggunaan mobil listrik untuk kendaraan patroli dan kendaraan tempurnya.

"Saat ini masyarakat masih menggunakan energi fosil, sudah saatnya kita mulai menggunakan energi terbaru, saya kira mobil listrik ini inovasi yang positif untuk digunakan oleh prajurti TNI," ujar Adji di Surabaya.

Di tempat yang sama, Vadi Akbar mengatakan, mobil Patwal Polisi Militer yang mereka buat ini, masih dalam kategori Seri X, atau seri Eksperimen.

"Mobil ini masih perlu penelitian yang lebih mendalam dalam pengembangan software, remote control dan baterai management system-nya," kata Vadi Akbar.

Mobil tersebut dibekali kapasitas baterai 72.000 ampere, baterai mobil listrik itu mampu bertahan hingga 6 jam dalam sekali isi. Mobil itu lebih lincah karena memiliki akselerasi tinggi

Baterai itu, kata Vadi, bisa tahan lebih lama jika melakukan dengan kecepatan 120km/jam. Namun, bisa lebih boros bila digeber mencapai 200 km/ jam.

Itenas dan V8Sound merancang dan mendesain khusus untuk tujuan mobil operasional militer. Mereka menyebut proses pembuatan mobil listrik itu selama tiga bulan. [irm]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00