RSUD Keluhkan Kekurangan Darah

Wako Minta ASN Galakan Donor

Sosial  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 12:08:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Wako Minta ASN Galakan Donor

Audiensi IDI Pagaralam dengan Walikota/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Salah satu yang menjadi penilaian akreditasi  Rumah Sakit Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam untuk naik kelas dari tipe D ke tipe C adalah masalah donor darah.

Hal itu diungkapkan dalam Audiensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pagaralam dengan Walikota Pagaralam di ruang rapat Besemah III Setdako Pagaralam,Selasa (13/11)

Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Pagaralam,dr Nani mengatakan dari 30 % pendonor darah yang ada hanya 10 % pendonor yang rutin mendonorkan darah ke RSUD.

"Padahal kita sering sampaikan bahwa edukasi donor itu sangat baik bagi pendonor selagi tidak terindikasi sedang mengkonsumsi obat-obatan," ucapnya.

dr.Nani menyampaikan, sangat menyambut baik jika Walikota Pagaralam Alpian Maskoni bisa mengagendakan secara rutin agar setiap SKPD di lingkup Pemkot Pagaralam melakukan donor darah.

"Karena selama ini stok darah di  RSUD hanya terbantu oleh kegiatan donor darah dari Polres Pagaralam dalam berbagai kegiatan sosial, di luar itupun yang rutin melakukan donor ke RSUD hanya anggota Polres," jelasnya.

Padahal, kata Nani, dengan terpenuhinya stok darah di RSUD maka otomatis akan meringankan pasien, yang artinya waktu perawatan pun tidak akan begitu lama.

Sementara Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, masalah donor darah kerap menjadi keluhan rumah sakit. Untuk itulah, Wako meminta dengan melihat kapasitas RSUD agar dapat besinergi dengan berbagai kalangan seperti komunitas, ormas, OKP,  bahkan ke depannya seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pagaralam untuk rutin donor darah.

"Karena kita tahu standar biaya pengganti donor darah itu sangat mahal, bahkan mirisnya dipermahal lagi oleh pendonor jika pasien kesulitan mencari golongan darah, nah ini yang akan kita fikirkan kedepanya bagaimana," tandas Wako.[sri]








Komentar Pembaca
Gugatan Kisman Ke Surya Paloh Tak Mudah Didamaikan

Gugatan Kisman Ke Surya Paloh Tak Mudah Didamaikan

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 20:00:00

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00