RSUD Keluhkan Kekurangan Darah

Wako Minta ASN Galakan Donor

Sosial  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 12:08:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Wako Minta ASN Galakan Donor

Audiensi IDI Pagaralam dengan Walikota/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Salah satu yang menjadi penilaian akreditasi  Rumah Sakit Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam untuk naik kelas dari tipe D ke tipe C adalah masalah donor darah.

Hal itu diungkapkan dalam Audiensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pagaralam dengan Walikota Pagaralam di ruang rapat Besemah III Setdako Pagaralam,Selasa (13/11)

Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Pagaralam,dr Nani mengatakan dari 30 % pendonor darah yang ada hanya 10 % pendonor yang rutin mendonorkan darah ke RSUD.

"Padahal kita sering sampaikan bahwa edukasi donor itu sangat baik bagi pendonor selagi tidak terindikasi sedang mengkonsumsi obat-obatan," ucapnya.

dr.Nani menyampaikan, sangat menyambut baik jika Walikota Pagaralam Alpian Maskoni bisa mengagendakan secara rutin agar setiap SKPD di lingkup Pemkot Pagaralam melakukan donor darah.

"Karena selama ini stok darah di  RSUD hanya terbantu oleh kegiatan donor darah dari Polres Pagaralam dalam berbagai kegiatan sosial, di luar itupun yang rutin melakukan donor ke RSUD hanya anggota Polres," jelasnya.

Padahal, kata Nani, dengan terpenuhinya stok darah di RSUD maka otomatis akan meringankan pasien, yang artinya waktu perawatan pun tidak akan begitu lama.

Sementara Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, masalah donor darah kerap menjadi keluhan rumah sakit. Untuk itulah, Wako meminta dengan melihat kapasitas RSUD agar dapat besinergi dengan berbagai kalangan seperti komunitas, ormas, OKP,  bahkan ke depannya seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pagaralam untuk rutin donor darah.

"Karena kita tahu standar biaya pengganti donor darah itu sangat mahal, bahkan mirisnya dipermahal lagi oleh pendonor jika pasien kesulitan mencari golongan darah, nah ini yang akan kita fikirkan kedepanya bagaimana," tandas Wako.[sri]








Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00