Banjr Akibat Sedimentasi Sungai Dan Sampah

Harnojoyo : Tidak Gotong Royong Palembang Tenggelam

PEMKOT PALEMBANG  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:30:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Harnojoyo : Tidak Gotong Royong Palembang Tenggelam

Petugas membersihkan sampah banjir/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Sedimentasi atau pendangkalan pada sungai, menjadi penyebab genangan air yang terjadi di Kota Palembang hari ini, Selasa (13/11/18). Jadi, ungkap Walikota Palembang Harnojoyo, selain intesitas serta curah hujan yang besar, pendangkalan akibat sampah dan limbah padat rumah tangga yang menumpuk menjadi penyebabnya.

"53 persen adalah daerah rawa (perairan). Jadi kondisi seperti ini tidak dapat kita hindari dan bisa diminimalisir dengan cara menjaga lingkungan dan sungai harus tetap bersih," ungkapnya kepada RMOL Sumsel.

Saat ini juga, sambung Harnojoyo, Pemkot Palembang sedang melakukan upaya-upaya lain untuk meminimalisir terjadinya genangan akibat pasang surut maupun hujan.

Diantaranya, pembangunan rumah pompa bendung dan tahun ini akan dilakukan pendalaman sungai sekanak agar debit air bisa ditampung.

"Tahun ini rumah pompa bendung kita targetkan selesai. Dan beberapa kolam retensi akan kita bangun," terangnya.

Untuk mengatasi sendimentasi atau pendangkalan sungai, Pemkot terus melakukan upaya restorasi. Seperti yang dilakukan pada sungai Sekanak.

"Jika Sungai Sekanak sudah direstorasi dan dikeruk, mudah-mudahan debit air dapat lebih lancar," tandasnya.

Harnojoyo berharap masyarakat bisa lebih bersabar dan kedepan harus ada kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan.

"Saya berharap masyarakat kedepan peduli terhadap lingkungan dan gotong royong terus digalakkan. Jika tidak Palembang bisa tenggelam," imbuhnya. [sri]












Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00