Buka Mata, Tengok Jalan Ini Seperti "Jalur Neraka"

Politik  SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 16:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Buka Mata, Tengok Jalan Ini Seperti

Jalan Letkol H Mahmud Abu Hasan Kelurahan Batukuning/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Jalan Letkol H Mahmud Abu Hasan Kelurahan Batukuning, Baturaja atau Jalan Cor Beton, yang menghubungkan Baturaja- Prabumulih, menjadi jalur "neraka" bagi para pengendara yang melintasi jalan tersebut. Pasalnya kerusakan jalan tersebut semakin memprihatinkan.

Pantauan di lapangan dua hari belakangan sampai hari ini, kamecetan panjang selalu terlihat. Hari ini saja, kemacetan sekitar 6 KM terjadi di jalan tersebut.

Hal ini disebabkan oleh mobil yang terperosok ke dalam lubang yang berlumpur bak kubangan kerbau.

"Itu ado mobil yang tepater di lumpur pak," kata Bowo salah seorang pengendara yang mengeluhkan kondisi ini, Senin (12/11).

Musim hujan yang terjadi saat ini semakin memperparah kondisi jalan, selain jalan hancur, kondisi jalan menjadi licin, jika tak berhati-hati bisa berakibat fatal, hampir setiap waktu dipastikan ada kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang terjebak di jalan tersebut.

"Jalan ini jadi jalur nerako, jalan lah rusak parah, macet pulo," timpal pengendara lainnya.

Hal senada juga dirasakan oleh Redo (27), warga perumahan Kibang Permai yang kerap melintasi jalan tersebut.

"Saya sebagai masyarakat sekitar jalan cor yang pasti merasa sangat terganggu dengan kondisi jalan seperti ini yang dibiarkan berlarut larut," ucapnya.

Dikatakannya, status jalan ini memang milik provinsi, namun di daerah kita punya pemerintah kabupaten yang setidaknya dapat memberikan sedikit titik terang berupa bantuan perbaikan sementara.

"Atau jika memang menyalahi aturan, kita minta pemerintah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk dapat memberikan perbaikan sementara," imbuhnya.

Menurutnya, rusaknya jalan ini akibat dilalui oleh kendaraan besar yang melebihi batas muatan. Tidak menutup mata, kendaraan besar yang melintasi jalan ini merupakan milik beberapa perusahaan raksasa yang ada di OKU.

"Kalau yang lewat hanya mobil kecil, jalan ini tidak mungkin rusak. Namun mobil bermuatan besar yang menjadi salah satu pemicunya," cetusnya.

Namun hingga saat ini lanjutnya, bantuan perbaikan itu belum ada mereka lihat dan rasakan.

"Kasihan kami masyarakat kecil yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua yang jadi korban jalan rusak ini. Apakah pemerintah harus menunggu jatuhnya korban baru akan melakukan penanganan, lagi pula ini adalah satu satunya akses menuju kota Palembang dari Baturaja, artinya jalan ini sangat penting," tegasnya.

Belum lagi lanjutnya di sepanjang jalan ini terdapat banyak perumahan warga yang setiap hari harus melawati jalan ini jika hendak beraktifitas.

"Keluarga kami yang lewat sini sudah sangat sering mendapat luka luka akibat tergelincir dijalan yang rusak. Jika kemarau, debu yang akan timbul di jalan ini. Namun jika musim hujan seperti ini, kubangan air yang jadi pemandangan lumrah bagi kami," tukasnya.

Sementara itu, kepala Dinas PU PR OKU Hilman yang dihubungi via sambungan selulernya membenarkan jika jalan tersebut merupakan jalan provinsi.

Menurut Hilman pihaknya telah beberapa kali bekoordinasi dengan pihak perusahaan yang kendaraannya kerap melintasi jalan tersebut. "Sudah pernah beberapa kali kita lakukan perbaikan sementara, dengan pihak perusahaan," ungkapnya.

Namun saat ini, jalan tersebut menjadi jalan alternatif satu-satunya bagi pengendara sebab jalan lubuk batang sedang ditutup karena sedang perbaikan jembatan.

"Akhir tahun ini jembatan selesai dikerjakan" tandasnya.[sri]












Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00