Bursah: Nilai Perjuangan Pahlawan Harus Digelorakan Ke Generasi Milenial

Politik  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 15:30:00 WIB

Bursah: Nilai Perjuangan Pahlawan Harus Digelorakan Ke Generasi Milenial

Bursah Zarnubi di Seminar Hari Pahlawan di Universitas Trilogi Jaksel/NET

RMOLSumsel. Hari Pahlawan harus terus digelorakan kepada generasi milenial yang jumlahnya mencapai 40 persen di negeri ini.

Sebab, di era kemajuan teknologi saat ini, tidak sedikit dari mereka yang sudah tercerabut dari lingkungan sosial. Padahal mereka dibutuhkan agar bangsa ini bisa terus kokoh berdiri.

Begitu kata Ketua Umum Perkumpulan Alumni Organisasi Pelajar Pemuda Mahasiswa Islam (PAPMI) Bursah Zarnubi dalam Seminar Hari Pahlawan bertajuk Gelorakan Hari Pahlawan, Makna dan Arti Pahlawan Bagi Milenial” di Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Kamis (8/11).

Menurutnya, nilai perjuangan para pahlawan kemerdekaan harus terus disosialisasikan kepada kaum milenial, salah satunya semangan para pemuda nusantara dalam mencetuskan sumpah pemuda pada tahun 1928.

"Sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah bangsa. Saat itulah kesadaran berbangsa lahir. Dia mengkristal dari 5 prasyarat, yakni kemauan, sejarah, bahasa, adat istiadat, dan pendidikan," terangnya.

Saat itu, sambung Bursah, para pemuda mewakili kelompok suku dan agama masing-masing. Ini juga yang kemudian menjadi cikal bakal bahwa di negeri ini keberagaman tidak bisa dipertentangkan.

Sehingga, jika ada orang atau kelompok yang mempertentangkan Pancasila dengan agama, maka dipastikan akan gagal. Sebab Pancasila sudah menjadi falsafah bangsa ini.

"Bayangkan, seandainya kita tak bisa mempertahankan Sumpah Pemuda, Pancasila dan NKRI, Indonesia mau jadi apa ke depan," tambah dia.

Oleh karena itu, Bursah meminta kepada mahasiswa sebagai generasi muda, untuk berkontribusi terhadap bangsa ini, menjaga Pancasila dan NKRI.

"Nah kita harus menjaga itu. Bahwa kita bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu dengan Pancasila sebagai falsafah bangsa kita," tambahnya. [sri]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00