Pengaruh Asian Games

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Diatas Regional dan Nasional

Ekonomi  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 14:31:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Diatas Regional dan Nasional

Capacity Building wartawan bisnis dan ekonomi Sumatera Selatan yang di Hotel Alila Solo Jawa Tengah/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Pada triwulan III (tiga)  pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) tercatat tumbuh signifikan sebesar 6,14 persen dan ini adalah yang tertinggi selama empat tahun terakhir dan berada di atas pertumbuhan regional dan nasional.

Hal ini dipaparkan oleh Analis Fungsi Kordinasi dan Komunikasi KPW BI Sumatara Selatan Rendha Prasetyo Kuswono dalam kegiatan Capacity Building wartawan bisnis dan ekonomi Sumatera Selatan yang dilaksanakan di Hotel Alila Solo Jawa Tengah, Kamis (8/11).

Disampaikannya, adapun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang signifikan tersebut diantaranya adalah proyek pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games XVII, proyek strategis nasional (PSN), serta pelaksanaan kegiatan Asian Games dan perbaikan kinerja ekspor.

"Hal itu terlihat pertumbuhan ekonomi konsumsi rumah tangga yang membaik seiring dengan pelaksanaan Asian Games," paparnya.

Tak hanya dari sisi permintaan, dari sisi sektoral Rendha menjelaskan, pelaksanaan Asian Games ke XVII di sumsel memberikan dorongan pada pertumbuhan sektor penyediaan akomodasi dan hotel.

"Namun sektor ini memberikan andil yang kecil kepada pertumbuhan ekonomi,"jelasnya.

Sementara di sisi lain, dia melanjutkan, seperti sektor pertambangan dan penggalian sektor industri dan perdagangan besar dan kecil memberikan andil besar pada pertumbuhan ekonomi triwulan ini (III).

Selain itu, harga komoditas unggulan pada triwulan III juga mengalamai peningkatan dan memberikan kontribusi postif pada perekonomian Sumsel seperti harga batubara dan minyak bumi.Sedangkan harga karet dan kelapa sawit mengalami penurunan pada triwulan yang sama.

"Pola ini mempengaruhi tingginya kinerja pertambangan dan penggalian serta lambatnya kinerja sektor pertanian, kehutanan dan pertanian,"jelasnya.[sri]




Komentar Pembaca
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

Budaya14 Januari 2019 09:31

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Politik15 Januari 2019 18:12

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Kriminal16 Januari 2019 19:18

Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat