Baru di Bangun, Bronjong Ambruk

Daerah  SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 10:43:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Baru di Bangun, Bronjong Ambruk

Ambruk/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Bangunan bronjong di Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang baru seumur jagung namun sudah ambruk ke sungai ogan, dikabarkan akan langsung diperbaiki oleh pihak Kontraktor.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) OKU, Ir Hilman MM.

Dikatakan Hilman, bahwa proyek bronjong di Desa kedondong ini sudah sesuai dengan aturan, hanya saja bangunan beronjong ini berada di lubuk (kedalaman,red) sungai.

"Memang bangunan bronjong ini sangat beresiko, apolagi dibangun di tempat yang dalam, kita tidak bisa melawan kedalaman," ujarnya.

Menurut Hilman, ia sudah sangat wanti-wanti terhadap bangunan bronjong di tempat dalam, karena sangat beresiko.

Disebutkannya, bronjong ini merupakan kontruksi di tempat dangkal, namun jika tidak dilakukan perbaikan dikhawatirkan tanah di lokasi tersebut habis akibat longsor.

"Sebenarnya kalau di tempat kedalaman ini saya khawatir. Jika tidak ada upaya perbaikan, tanah ini longsor," sebutnya.

Disinggung apakah longsornya bronjong ini karena dikerjakan asal-asalan, Hilman membantah. Menurutnya bangunan bronjong ini sudah sesuai, hanya saja itu tadi. Bronjong tersebut berada di tempat yang dalam sehingga terjadi longsor. "Semua sudah sesuai," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bangunan bronjong di Desa Kedondong ini ambruk akibat tak kuat menahan arus air hujan pada Rabu (30/10) malam. Akibatnya bronjong yang dimaksudkan menahan terbisnya tanah akibat aliran sungai Ogan itu ikut longsor ke dalam air.

Warga setempat mengaku sangat kecewa dan mempertanyakan kekuatan bronjong yang menelan dana tidak sedikit itu. Dan berharap, perbaikan bronjong tersebut segera dilakukan, jika tidak maka akan terjadi longsor apalagi sudah masuk musim penghujan. [irm]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00