Tinggal Hitungan Hari..5 Anggota DPRD OKU Diberhentikan

Daerah  SENIN, 05 NOVEMBER 2018 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Tinggal Hitungan Hari..5 Anggota DPRD OKU Diberhentikan
RMOLSumsel. Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) lima orang anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yang lompat pagar alias pindah partai pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, harus dilaksanakan pertengahan bulan ini.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua DPRD OKU Ferlan Yuliansyah ID Murod, usai mengikuti Rapat Paripurna Nota Keuangan RAPBD 2019, Senin (5/11).

"Mudah-mudahan, kalau tidak ada halangan pertengahan bulan ini (PAW,red)," ujar Ferlan.

Lebih lanjut diinformasikannya, lima orang yang diusulkan untuk menjalani PAW tersebut sudah menerima SK Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

"SK-nya sudah diterima Sekretaris Dewan (Sekwan). Kalau tidak salah per 31 Oktober tadi. Nanti kita Rapim dulu untuk menentukan langkah selanjutnya. Dari kesimpulan Rapim itu, bisa juga kita jadwalkan Banmus. Oleh karenanya mudah-mudahan kalau tidak ada halangan pertengahan bulan ini bisa kita laksanakan PAW," paparnya.

Bagaimana dengan gugatan empat dari lima anggota DPRD di Pengadilan Negeri (PN) Baturaja? Apakah ada efeknya dengan SK tersebut?.

Perihal ini, menurut Ferlan, akan dilihat dulu sejauh mana proses sidangnya. Yang jelas, dengan telah keluarnya SK Gubernur, Biro Hukum Sumsel-lah yang tahu.

"Tentunya Biro Hukum Pemprov punya kajian-kajian kenapa SK itu turun. Dan yang berhak memberhentikan dan mengangkat adalah Gubernur. Kita di sini tinggal menjalankan," katanya.

Adapun lima anggota DPRD OKU bakal di-PAW lantaran pindah Parpol untuk maju Pileg 2019, yakni Hj Erlina Bachtiar dari PKS. Calon penggantinya adalah Efallah Mitra.

Sahril Elmi juga dari PKS yang bakal digantikan oleh Muhammad Ismi.

Kemudian Kamaludin dari PKPI akan digantikan Masykur. Yudi Purna Nugraha dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan digantikan Radios Irawan.

Parwanto dari Partai Amanat Nasional (PAN) akan digantikan Adtya Citra Indah Dewi Lestari. [ida]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00