Dewan ME Temukan Proyek Amburadul Bernilai Miliaran

Laporan: Edwinsyah Satria

#hashtag  KAMIS, 01 NOVEMBER 2018 , 17:49:00 WIB

Dewan ME Temukan Proyek Amburadul Bernilai Miliaran

H Umam Fajeri/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muara Enim telah menemukan sejulah proyek fisik yang dianggarkan menggunakan dana APBD Muara Enim tahun 2018 amburadul.

Soalnya proyek yang menghabiskan dana miliaran rupiah itu dikerjakan asal jadi saja sehingga kondisinya sudah rusak kembali.

Jadi reses yang kami lakukan ke  daerah pemilihan 2 merupakan daerah pemilihan saya, telah menukan adanya pekerjaan proyek pembangunan jalan amburadul,” jelas anggota DPRD Muara Enim, H Umam Fajeri dari Fraksi PKS kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Kamis (1/11).

Menurutnya, dia telah menemukan proyek pembangunan peningkatan jalan menghubungkan Desa Sumber Asri menuju Desa Sumber Mulia, Kecamatan Lubai Ulu. Proyek tersebut dianggarkan menggunakan dana APBD tahun 2018 sebesar Rp 2,5 miliyar.

Jalan tersebut hanya dicor sebanyak 5 titik, sedangkan lainnya Cuma dihampar batu split. Namun sayangnya batu split yang dihampar tersebut tidak dipadati lagi menggunakan alat berat,” jelasnya.

Sehingga masyarakat yang mengendarai sepeda motor melintas badan jalan itu banyak yang terjatuh. Karena batu yang dihampar tersebut bergerak setiap dilalui kendaraan bermotor.

Selain itu ditemukan juga proyek talut penahan longsor tepian Sungai Enim di Desa Pulau Panggung Enim, Kecamatan Tanjung Agung. Pembuatan talut tersebut asal asalan juga sehingga kondisinya sudah rusak kembali.

Talut yang dibangun tidak standard dan tidak dicor melainkan hanya tetapi hanya dibuat batu  pasangan batu bata tipis. Akibatnya saat ini talut yang baru beberapa bulan selasai dikerjakan itu sudah patah dan longsor,” tegasnya.

Menurutnya, temuan tersebut sudah disampaikannya kepada instansi yang bertanggungjawab atas pekerjaan proyek tersebut.

Atas temuan ini, kita meminta pak bupati supaya melakukan evaluasi kepada pejabat PPK dan PPTK serta pengawas yang bertanggungjawab atas pekerjaan kedua proyek tersebut,” tegas Umam.

Selain itu, dia juga meminta kepada Bupati untuk memblacklist perusahaan yang mengerjakan kedua proyek tersebut. Perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut, untuk tahuan anggaran mendatang supaya tidak diperbolehkan mengikuti tender proyek APBD Muara Enim,” tegasnya.[rik] 

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00