Jalani Fit & Proper Test..Wajah KPU Sumsel Berubah Total

Sosial  RABU, 31 OKTOBER 2018 , 16:16:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Jalani Fit & Proper Test..Wajah KPU Sumsel Berubah Total
RMOLSumsel.  Sebanyak 10 calon komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjalani tahapan fit and proper tes atau uji kepatutan dan kelayakan. Mereka dites  langsung oleh Anggota KPU Republik Indonesia (RI) Ilham Saputra  di Hotel Wyndham, Palembang, Rabu (31/10).

Dari 10 nama tersebut diastikan bahwa wajah KPU Provinsi Sumsel Periode 2018-2023 dipastikan berubah total. Karena tidak satu pun dari komisioner incumbent yang masuk dalam 10 besar ini.

Ke-10 nama didominasi para komisioner KPU kabupaten/kota se-Sumsel baik yang masih aktif maupun yang sudah mantan. Satu peserta yaitu Kelly Mariana merupakan komisioner KPU Provinsi Sumsel periode sebelumnya.

"Untuk saat ini yang dilihat track record dari setiap calon termasuk juga jika ada laporan masyarakat tentang calon komisioner KPU. Jika sudah ditetapkan rencananya komisioner KPU akan dilantik pada tanggal 7 November mendatang di Jakarta," ungkap Ilham.

Untuk di Sumsel, kata dia, tinggal beberapa KPU kabupaten kota yang belum dilantik. Saat ini pihaknya tengah menyusun jadwal sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Nanti akan diranking 1 sampai 10. Kita ambil 5 yang terbaik untuk jadi komisioner KPU Sumsel," katanya.

Disinggung soal banyaknya aduan soal Tim Seleksi (timsel) calon anggota KPU Sumsel, ditambahkannya, masyarakat silahkan melapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) atau langsung ke KPU RI.

"Bisa lapor sama kami atau langsung ke DKPP, kami cek kebenaran dari laporan itu kalau memang terbukti akan di sanksi sesuai aturan. Tapi, untuk saat ini belum ada laporan yang bisa terbukti kebenarannya," tegasnya.

Terpisah, salah satu calon komisioner KPU Sumsel, Hasyim mengatakan bahwa dirinya baru saja menjalani fit and propert tes. Dirinya sempat ditanya soal keseharian dengan urusan kepemiluan.

"Kebetulan karena saya ini posisinya anggota KPU Kabupaten PALI jadi yang ditanya itu seperti keseharian saya berurusan dengan pemilu, ada juga pertanyaan bagaimana pengalaman bertugas di KPU, apa yang akan dilakukan jika menjadi anggota KPU. Tentu jika saya jadi anggota KPU Sumsel, saya akan mengkoreksi program yang perlu diperbaiki untuk menghadapi Pileg 2019 yang Luberjurdil," katanya singkat.

Adapun 10 nama yang menjalani fit and proper tes yaitu,
Amrah Muslimin, Anahrir, Avintri Sandy, Efrizal, Hasyim, Hendri Almawijaya, Hendri Daya Putra, Hepriyadi, Kelly Mariana, Yetty Oktarina. [ida]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00