'Manjangin Tali Kelambu PAW', 4 Legislator OKU Ini Gugat Partainya

Politik  MINGGU, 21 OKTOBER 2018 , 11:11:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

'Manjangin Tali Kelambu PAW', 4 Legislator OKU Ini Gugat Partainya

rmolsumsel

RMOLSumsel. Rupanya, empat dari lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang sedang proses Pergantian Antar Waktu (PAW) lantaran lompat partai pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, memberikan perlawanan”.

Ya. Seolah tak terima mereka akan di-PAW, keempat legislator OKU yang ganti seragam Parpol itu, menggugat partainya masing-masing ke Pengadilan Negeri (PN) Baturaja.

Entah apa tujuannya, apakah hanya untuk memanjangkan tali kelambu (baca: mengulur waktu PAW), atau memang benar ada kesalahan dalam prosesnya.

Keempat anggota dewan dimaksud, yakni; Parwanto dari Partai Amanat Nasional (PAN). Yudi Purna Nugraha dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syahril Elmi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Kamaludin dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Kuasa hukum para penggugat, Arief Awlan, SH, mengemukakan bahwa dalil yang utama kenapa kliennya menggugat partai, lantaran para pengugat ini tidak dicalonkan kembali dari partai mereka masing-masing.

Sehingga mereka terpaksa pindah ke partai lain untuk maju Pileg 2019. Itu yang paling mendasar,” katanya.

Ketika ditanya lebih duluan mana, antara mereka mengundurkan diri dari partai atau mereka daftar mau nyaleg? Kata Arief, bahwa mereka ini lebih dulu mencalonkan diri, namun tidak diterima oleh partai. Oleh karenanya, mereka mendaftar ke partai lain.

Nah, berkaitan dengan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mensyaratkan surat pengunduran diri. Dan ini menurutnya, sesuatu yang tidak bisa dihindari, karena mekanismenya memang demikian.

Sebab, KPU baru menerima pendaftaran mereka dari partai lain, jika sudah ada surat pengunduran diri dari yang bersangkutan. Karena tidak dicalonkan kembali dari partainya semula itulah, empat legislator OKU tersebut melakukan gugatan ini,” paparnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00