Sekda: Selama Ini OPD Menyusun Program Semaunya Saja

PEMKOT PALEMBANG  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 21:35:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Sekda: Selama Ini OPD Menyusun Program Semaunya Saja

Rapat RPJPMD/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Di masa kepemimpinan sebelumnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun program semaunya saja. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa dalam rapat bersama Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJPMD) 2018, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Parameswara, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Kamis (18/10/18).

"Sebelumnya OPD menyusun program semaunya saja,  namun pada periode terbaru kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda program kerja OPD harus diarahkan," terangnya.

Melalui siaran persnya, Harobin menerangkan, guna mempercepat visi-misi Palembang EMAS Darussalam 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang secara tegas memasukan program subuh bejamaah dan gotong-royong kedalam RPJPMD.

Karena, dalam rapat Rencana Strategis (Restra) hari ini,  percepatan misi yang terdapat di Emas dan Visi yang terletak pada Darussalam ini diwajibkan setiap OPD wajib memaparkan Restara mereka. Dimana, gotong-royong dan subuh berjamaah dimasukan kedalam.

"Kenapa diarahkan supaya program kerja OPD selaras dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Palembang. dan Rapat ini kita laksanakan, dalam rangka percepatan misi Emas dan visi Darusalam harus tercapai 2018-2023," ulasnya.

Harobin mengatakan, program kerja yang tak sejalan dengan visi misi akan dilakukan pemotongan anggaran. Begitu juga sebaliknya jika program kerja OPD sejalan dengan visi misi maka akan ditambah anggaran.

"Kepala OPD langsung bertanggung jawab atas program kerja yang sudah disusun, tidak ada lagi saling salahkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapedda Litbang Kota Palembang Herrey Hadi mengatakan,  apa yang menjadi program kerja OPD sudah termasuk ke dalam RPJMD dan harapannya pada Februari 2019 sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

"Ini kita lakukan untuk mewujudkan program Palembang EMAS Darussalam  yang dicanangkan dalam lima tahun kedepan," tandasnya. [sri]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00