Jelang Pemilu 2019

Harnojoyo Pastikan Netralitas ASN Pemkot Palembang

PEMKOT PALEMBANG  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 15:25:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Harnojoyo Pastikan Netralitas ASN Pemkot Palembang

Walikota Palembang H Harnojoyo/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), maka seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, khususnya ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis jelang Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Presiden pada 2019 mendatang.

Hal itu ditegaskan Walikota Palembang H. Harnojoyo, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang dengan agenda jawaban Walikota Palembang terhadap pandangan umum fraksi-fraksi, Kamis (18/10/2018).

"Terkait netralitas ASN, saya sejak awal meminta untuk seluruh ASN bahkan pegawai non PNS untuk menjaga netralitasnya saat pemilihan umum," ungkapnya.

Untuk mengawasi netralitas seluruh ASN, Harnojoyo sudah menginstruksikan Inspepktorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang untuk mengawasi seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Palembang.

"Kami sudah bentuk tim khusus dari inspektorat untuk mengawasi netralitas ASN pada pemilu 2019. ASN silakan memiliki hak politiknya dalam menentukan pilihan. Tapi, mereka dilarang terlibat langsung dalam politik praktis, seperti mempromosikan salah satu calon legislatit maupun calon presiden," sampainya.

Selain meminta Inspektorat dan BKD melakukan pengawasam, Pemkot Palembang juga sudah berkordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Palembang dalam melakukan pengawasan netralitas ASN.

"Inilah yang dapat saya sampaikan untuk menanggapi pernyataan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, terkait netralitas ASN pada pemilu 2019," tandasnya.

Sebelumnya, juru bicara fraksi Nasdem, Sarifudin meminta jawaban Walikota Palembang tentang ketegasan Walikota Palembang terhadap netralitas ASN. Karena dalam waktu dekat akan berlangsung Pemilu Legislatif dan Presiden.

"Saat ini baik pemilu legislatif maupun presiden sudah memasuki masa kampanye, kami dari fraksi Nasdem tidak ingin melihat ASN terlibat dalam kampanye tersebut, karena ASN harus netral," imbuhnya.[rik] 

Komentar Pembaca
Pendukung OSO Demo KPU

Pendukung OSO Demo KPU

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 15:00:00

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 13:00:00

BENANG MERAH (EPS.164): Jokowi Main Bumerang, Prabowo Banyak Nahan
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00