Waduh..Istri Bupati PALI Langgar Aturan di Pagaralam

Daerah  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:24:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Waduh..Istri Bupati PALI Langgar Aturan di Pagaralam

Penertiban APK/RMOLSumsel

RMOLSumsel.  Bertebarannya Alat Peraga Kampanye (APK) Caleg DPRD, DPRD Provinsi, Dewan Perwakilan Daerah (DPD),  dan DPR RI mengharuskan Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kota Pagaralam selaku penegak peraturan daerah (Perda) mengambil tindakan tegas.

Pasalnya, banyak APK terpasang di zona steril atau bebas dari pemilu. Bahkan ada yang terpasang di tiang listrik, tiang telepon, tumbuh tanam milik pemkot serta taman kota.

Padahal  Peraturan Walikota Pagaralam Nomor 7 Tahun 2017 mengatur jalan-jalan protokol, taman kota masuk zona yang mesti steril dari APK Pemilu.  Perwako ini juga melarang pemasangan APK di pohon-pohon serta tiang listrik demi menjaga estetika keindahan kota.

Kemarin, atas Instruksi Walikota Alpian Maskoni, SatPol PP Kota Pagaralam langsung melakukan penyisirian di sejumlah titik.  Mereka langsung melakukan penertiban dengan melepas dan mengangkut APK berbagai jenis seperti baleho, banner,  dan sticker yang terpasang tidak sesuai tempatnya.


Kasat Pol PP Kota Pagaralam melalui Kabid Penegakan Perda Karyawan kepada RMOLSumsel, Kamis (18/10),  mengatakan bahwa pelepasan APK ini merupakan bagian dari penegakan Perda Kota Pagaralam.

"Karena banyak APK yang terpasang bukan pada tempatnya dan jelas-jelas melanggar perda,sehingga terpaksa kita tertibkan,"terangnya.

Karyawan mengatakan, penertiban APK hanya difokuskan di tempat-tempat yang dilarang. Jadi jangan heran jika saat ini masih ada yang terpasang meskipun sudah dilakukan penertiban.

"Karena kita hanya melepas yang terpasang di tiang-tiang listrik, tiang telepon, tumbuh tanam milik pemkot bahkan di taman kota,"ucapnya

Menurut Karyawan, hasil penyisiran kemarin, Pol PP melepas  109 APK milik Sri Kustina (Caleg DPRI Partai NasDem)  yang merupakan istri Bupati Penukal Aban Lematang Ilir (PALI); 25 APK milik Fikri Juliansyah calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD);  5 APK milik Taufik Rahman; 4 APK milik April Hasan,  dan 43 buah APK milik Mukti Sulaiman yang juga merupakan Caleg DPR RI.

Sedangkan untuk caleg DRPD Kabupaten/Kota ada 2 APK milik Nurmansyah dari Partai NasDem.

"Prihal pelepasan APK ini sudah kita sampaikan kepada yang bersangkutan dan tim sukses masing-masing. Dan kemungkinan akan mereka ambil lagi di Kantor Sat Pol PP," pungkasnya. [ida]



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00