Utang Luar Negeri Disorot Tajam

Ekonomi  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 11:36:00 WIB

Utang Luar Negeri Disorot Tajam

Prabowo/net

RMOLSumsel. Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyarankan kubu pasangan capres " cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mengubah gaya politik dalam mengomentari melemahnya rupiah terhadap dolar AS dan utang luar negeri.

Jika tidak diubah, kubu pasangan calon presiden nomor urut 02 tersebut dikhawatirkan hanya akan menghabiskan energi. Sementara efek yang diharapkan dapat meningkatkan elektoral Prabowo - Sandi di tengah masyarakat tidak tercapai.

"Saya kira harus dipahami terlebih dahulu, soal melemahnya nilai tukar rupiah dan soal utang, itu isu elite. Masyarakat arus bawah enggak tahu menahu dan enggak peduli," ujar Pangi.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini, jika ingin menyoroti soal ekonomi, Koalisi Indonesia Adil Makmur sebaiknya fokus pada hal-hal yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

"Menurut saya, yang bisa menganggu elektabilitas Jokowi yaitu yang berhubungan langsung dengan rakyat arus bawah. Contohnya, soal harga BBM yang merangkak naik. Kemudian tarif listrik, impor, BPJS, pajak, harga sembako dan tarif tol," ucapnya.

Isu-isu tersebut kata Pangi, benar-benar konkret. Karena jika harga-harga dibiarkan naik, rakyat bakal semakin menderita. Demikian juga soal pelayanan BPJS, sangat penting disoroti karena terkait dengan kesehatan masyarakat.

"Saya hakul yakin kalau yang berhubungan langsung dengan perut rakyat maka imbasnya adalah menggembosi elektabilitas Jokowi dari digit ke digit," pungkas Pangi seperti diberitakan JPNN, Rabu (17/10).[rik]

Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

RABU, 17 APRIL 2019 , 17:00:00