Caleg Tebar Pesona di Tempat Terlarang...Ini Akibatnya

Daerah  RABU, 17 OKTOBER 2018 , 12:44:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Caleg Tebar Pesona di Tempat Terlarang...Ini Akibatnya
RMOLSumsel. Mulai marak!  Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) baik DPRD, DPRD Provinsi bahkan DPR RI tersebar di Kota Pagaralam. Hal ini dinilai mulai meresahkan masyarakat, karena APK terpasang tidak sesuai tempatnya atau tempat yang harus steril dari pemilu membuat Pemerintah Kota Pagaralam harus melakukan tindakan.

Pasalnya,pantauan dilapangan,banyak APK tersebut juga terpasang di tumbuh tanam milik Pemkot bahkan terpasang di tiang listrik.Padahal mengutip Peraturan Walikota Pagaralam Nomor 7 Tahun 2017, jalan-jalan protokol, taman kota masuk zona yang mesti steril dari APK Pemilu. Perwako ini juga melarang pemasangan APK di pohon-pohon serta tiang listrik demi menjaga estetika keindahan kota.

Pantauan RMOLSumsel,Rabu (17/10) Pemkot Pagaralam melalui Stauan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) mulai melakukan sweeping dengam mencopot serta mengangkut APK yang dimaksud sebagai upaya penertiban dan menegakkan peraturan daerah (perda).

Kasat Pol PP Kota Pagaralam Patriot A Mundra mengatakan, selain sejalan dengan yang diperintahkan oleh Walikota, dan sesuai PKPU yang melarang peletakan APK di tiang listrik dan Pohon. Pihaknya selaku penegak Perda akan terus melakukan penertiban.

"Karena tidak sedikit APK yang sudah terpasang banyak menyalahi aturan,"jelasnya

Sambung Mundra, namun untuk kedepan pihaknya akan tetap menertibkan APK dengan menggandeng Bawaslu dan menggandeng pihak terkait lainya.

"Karena untuk tahap pertama ini kita masih terfokus ke APK yang terpasang di pohon dan tiang lisrtik."katanya.

Sebelumnya Walikota Pagaralam Alpian Maskoni sebelumnya mengatakan, kepada para Caleg untuk santun dan mendidik saat melakukan kampanye, salah satunya menjaga lingkungan dengan tidak memasang APK di pohon dan tiang listrik.

"Pasalnya selain dapat mengganggu lingkungan pemasangan APK di pohon dan tiang listrik tersebut tidak dibenarkan oleh PKPU yang sudah diatur sebelumnya," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00