Di Sumsel Personel Satpam Dituntut Saingi Anggota TNI-Polri

Ekonomi  RABU, 17 OKTOBER 2018 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Di Sumsel Personel Satpam Dituntut Saingi Anggota TNI-Polri
RMOLSumsel. Perkembangan ekonomi dan banyaknya perusahaan yang berdiri di Sumatera Selatan (Sumsel) tak sepadan dengan permintaan jasa pengamanan. Pasalnya beberapa perusahaan lebih mengandalkan TNI-POLRI dalam pengamanan. Karena itulah Satpam dituntut mampu bersaing dengan TNI-POLRI.


Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumsel Novembriono mengatakan, permintaan jasa pengamanan belakangan ini melamban.


Seharusnyakan makin tahun dengan perkembangan ekonomi, perusahaannya makin besar seharunsya makin meningkat, tetapi sekarang ini agak melambat. Padahal seperti yang disampaikan Wakapolda tadi, harusnya pengamanan di areal kerja itu jadi domain badan usaha jasa pengamanan,” ujar Novembriono pada Rapat Kordinasi dan Tatap Muka bersama Kapolda Sumsel di Hotel Ultima Horison Palembang, Rabu (17/10).  


Faktanya saat ini banyak pimpinan perusahaan yang menggunakan jasa anggota TNI-POLRI,  sehingga peran serta security ataupun Satuan Pengamanan (Satpam) berkurang dan cenderung tidak mandiri.

Nah kita harapkan ke depan peran security di pengamanan terbatas ini perlu ditingkatkan lagi,” katanya.  


Menurut dia, melambannya permintaan jasa pengamanan karena kurangnya kepercayaan pihak perusahaan. Juga kualitas satpam yang perlu ditingkatkan agar mendekati kemampuan aparat kepolisian.


Contohnya dengan melakukan pelatihan sesuai standar Peraturan Kapolri Nomor 24 tentang Sistem Menejemen Pengamanan Organisasi Perusahaan dan Lembaga Pemerintah. Juga diberikannya kursus-kursus bagi tenaga Satpam,  dan seminar tentang pelatihan Satpam dengan menggandeng pihak kepolisian.


Nah ini akan meningkatkan kualitas security di masa yang akan datang,”  imbuhnya.

Di Sumsel Satpam yang memiliki kartu tanda anggota (KTA) tercatat 20 ribu personel. Namun masih banyak security yang berseragam Satpam tetapi tidak memiliki pendidikan dan KTA. Untuk itu ABUJAPI akan merapikan seluruh Satpam yang ada di Sumsel.


Menurutnya, jasa pengamanan bisa dimanfaatkan di segala sektor. namun saat ini sektor perkebunan dan pertambangan paling banyak menggunakan jasa pengamanan Satpam.


Sementara itu Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno mengatakan,  hadirnya jasa pengamanan sangat membantu peran kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.


Jumlah kita, polisi itukan terbatas sehingga kita perlukan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kamtibmas salah satunya Satpam ini, sangat membantu kita, tapi kalau kita lihat masih kurang jumlah satpam ini,” katanya.


Menurut Wakapolda, peran satpam dalam membantu keamanan di Sumsel sangatlah besar. Karena keberadaan satpam merupakan perpanjangan tangan dari kepolisian.

Kalau satpamnya cukup tidak perlu polisi lagi, tapi perusahaan kadang malas merekrut Satpam sehingga masih mengandalkan tugas-tugas polisi, dan tentara. Harapan kita punya perusahaan harus mampu bayar satpam, karena kualitas mereka sudah bagus,” pungkas Wakapolda. [ida]

Komentar Pembaca
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00