Penolakan Tambang Batubara Batumarta Direspon Kementerian ESDM

Daerah  SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Penolakan Tambang Batubara Batumarta Direspon Kementerian ESDM

H Ridar Hariyuwono/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Penolakan warga Batumarta Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) atas rencana PT Selo Argodedali yang akan beroperasi/ ekploitasi tambang batubara di wilayah mereka, rupanya sudah sampai ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Hal tersebut dikemukakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU, H Ridar Hariyuwono, kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Senin (15/10).

"Ya. Permasalahannya sudah sampai ke Kementerian ESDM," ungkap Ridar, di gedung DPRD setempat.

Bahkan, ungkap Ridar, pada tanggal 24 Oktober 2018 nanti, akan ada pertemuan antara Pemkab OKU dengan Kementerian ESDM, di Jakarta.

"Kalau tidak salah, semua pihak dilibatkan. Mulai dari Pemkab, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dari Bagian Hukum, termasuk anggota dewan. Bahkan, dua (2) orang perwakilan masyarakat juga akan diajak," bebernya.

Sebetulnya sambung Ridar, langkah ke Kementerian ESDM ini merupakan upaya yang kedua.

"Sekitar setengah bulan, Pemkab OKU sudah lebih dulu kesana. Nah, ini nanti untuk yang kedua kalinya," imbuh dia.

Ridar pun mengklaim, bahwa dalam hal ini pihaknya tetap satu suara dengan warga Batumarta dalam menyikapi rencana pertambangan di wilayah itu.

Disanalah nanti, akan dicari titik temu sejelas-jelasnya. Baik iterkait dengan perusahaan itu sendiri termasuk bagaimana solusi terkait penolakan masyarakat.

"Intinya kita sudah mengambil langkah cepat. Setelah warga mengajukan penolakan, kita kan langsung Sidak. Setelah itu rangkuman hasil sidak dan keberatan masyarakat, kita rangkum dalam satu berkas dan disampaikan ke Pemkab. Dan Pemkab melalui Asisten II telah menyampaikan ke Kementerian," tandasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00