Masih Labil, Pelajar SMP Rentan Terpapar Narkoba

Laporan : Edwinsyah Satria

Sosial  JUM'AT, 12 OKTOBER 2018 , 14:11:00 WIB

Masih Labil, Pelajar SMP Rentan Terpapar Narkoba

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Usia muda memang masih bisa dikatakan labil (mencari jati diri) segal hal baru serasa semua ingin dicoba dan dicari tau. Hal ini menjadi salah satu penyebab semakin tingginya pemgguna narkoba di lingkungan sekolah.

Salah satu upaya untuk menekan jumlah penyalah guna narkoba khususnya di kalangan siswa menengah pertama adalah memberikan pengertian akan bahaya dan dampak buruk dari narkoba.

Memberikan penyuluhan kepada siswa SMP di Kabupaten Muara Enim yang dilakukan Satuan Polres Muara Enim diharapkan bisa menekan angka penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan tingakt menengah pertama ini.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juono  diwakili Kasat Binmas AKP Arsyad, memberikan penyuluhan tentang narkoba yang dilaksanakan, Jumat (12/10) di Hotel Griya Sintessa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan yang diikuti sekitar 54 orang pelajar dari seluruh sekolah menengah pertama di Muara Enim ini dinilai perlu diadakan karena narkoba saat ini sudah tidak memandang usia korban penggunannya.

Kasat Binmas Polres Muara Enim, AKP Arsyad dalam kesempatan tersebut mengatakan, anak anak tersebut sangat mudah untuk dipengaruhi karena rasa ingin tahuan yang besar dan mereka merupakan sasaran empuk bagi pengedar.

Harapan kami kepada siswa. nantinya dengan adanya bekal penyuluhan ini agar bisa di Implementasi kepada murid murid yang lain dimana mereka bersekolah. Sehingga ada hasil dari pelaksanaan kegiatan ini, dan semakin sadarnya mereka,” ujar Arsyad.

Selain memeberikan penyuluhan kepada para siswa, Arsyad menambahkan, pihak Kepolisian kuga melakukan bernagai cara untuk menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Baik itu secara Preemtif dan preventif yaitu pencegahan dengan cara melakukan penangkapan terhadap jaringan narkoba.

Tidak hanya peran besar dari Kepolisian saja, peran guru serta orang tua di lingkungan rumah juga sangat besar. Karena, guru di sekolah terbatas dalam melakukan pengawasan. Jadi peran orang tua juga sangat penting dalam hal ini," pungkasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00