BPJS Kesehatan Ngaku Alami Defisit Akibat Tunggakan Rp470 Miliar

Pemkot Palembang Bersih

Politik  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

BPJS Kesehatan Ngaku Alami Defisit Akibat Tunggakan Rp470 Miliar

Audiensi Kepala BPJS Palembang dengan Walikota Palembang/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Ketidakpatuhan peserta mandiri, membuat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengalami defisit. Bahkan, diakui Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi Ashar, tunggakan peserta tersebut mencapai Rp470 miliar.

"Antara penerimaan iuran dan biaya pelayanan kesehatan yang kita keluarkan tidak seimbang. Contohnya, harusnya kami menerima iuran dari peserta mandiri senilai Rp136 miliar namun yang diterima hanya Rp80 miliar," ungkapnya usai audensi dengan Walikota Palembang di kediaman dinasnya, Kamis (11/10/18).

Untuk di Palembang sendiri, juga mengalami hal yang sama. Dimana, penerimaan iuran sekitar Rp250 miliar sementara biaya pelayanan kesehatan mencapai Rp720 miliar.

"Kami berharap kesadaran masyarakat untuk patuh membayar iuran meningkat sehingga bisa mengurangi defisit yang terus dialami badan yang menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional (JKN) itu. Jangan bayar iuran pas sakit saja," imbuhnya.

Sementara untuk peserta badan usaha, sambungnya, sejauh ini menunjukkan tingkat kepatuhan yang lebih baik. Dimana, untuk kepatuhan badan usaha, tercatat mencapai 98,9% setelah diberlakukan sistem post payment.

Sama halnya yang dilakukan lembaga pemerintahan. Seperti hari ini, dimana BPJS mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersih dari tunggakan

"Kami memberikan apresiasi kepada Walikota  Palembang terkait bersihnya tagihan BPJS kepada Pemkot Palembang. Artinya pengelolaan keuangan dan pelayanan kesehatan di Kota Palembang sangat bagus" tandasnya.

Sementara itu Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan, selama ini Pemerintah Kota Palembang selalu berkomitmen dengan pelayanan kesehatan.

"Pelayanan kesehatan adalah salah satu hal utama, kami tidak ingin mengesampingkannya, ini adalah prioritas, oleh karena itu tagihan terhadap BPJS Pemkot Palembang tidak pernah menunggak, jangan sampai pelayanan terganggu akibat tunggakan dari pemerintah daerah," tandasnya. [sri]







Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00