Harga Kebutuhan Pokok Di Lahat Belum Terdampak Rupiah

Ekonomi  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 19:33:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Harga Kebutuhan Pokok Di Lahat Belum Terdampak Rupiah

Pedagang kebutuhan pokok di salah satu pasar tradisional di Lahat.

RMOLSumsel.  Melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar saat ini, belum berdampak signifikan terhadap harga bahan pokok pada tingkat pedagang di Pasar Lahat.

Kepala Dinas Pedagangan Kabupaten Lahat, Sukaca  melalui Kabid Perdagangan, Hamzah Sivi Yusman  didampingi Kasi pengadaan dan Penyaluran, Yarap mengatakan, sejauh ini harga kebutuhan pokok belum ada yang mengalami kenaikan.

"Belum ada yang naik. Tapi barang barang impor terutama di bidang industri naik," tuturnya kepada wartawan, Kamis (11/10)
Dirinya menjelaskan, hasil pantauan pihaknya, di beberapa pasar tradisional, sampai akhir September lalu beberapa kebutuhan pokok penting mengalami penurunan.

Seperti daging ayam broiler turun dari Rp. 26 ribu per kilogram menjadi Rp. 25 ribu, minyam goreng kemasan,  sebelumnya Rp. 11.759 per kilogram menjadi Rp 11.450.

Sayuran jenis  kubis Rp. 8 ribu per kilogram mrnjadi Rp. 7 ribu, cabe rawit Rp. 50 ribu menjadi Rp 45 ribu, buncis dari Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu.

Selanjutnya, pihak Dinas Perdagangan sendiri, setiap minggunya melakukan survey ke lapangan mengenai harga harga kebutuhan pokok maupun cukup atau tidaknya pasokan sembako untuk masyarakat.

"Kita per minggunya buat laporan yang ditujukan ke Bupati, Dinas Perdagangan Provinsi maupun pusat. Kalaupun ada kenaikan  secara signifikan kita tunggu solusi dari pusat atau provinsi," ucapnya.

Rossa salah satu pembeli di Pasar Tradisional Serelo Lahat, mengaku pemberitaan melemahnya nilai mata uang di media belum berdampak dengan kelangsungan belanjanya sehari-hari. Warga kelurahan Pasar Lama ini mengaku tidak begitu memikirkan kondisi rupiah saat ini asalkan harga kebutuhan pokok terjangkau. [rhd]



Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00