Ini Bukan Hoax! Polisi Dilarang Tersenyum..

Sosial  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 12:57:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Ini Bukan Hoax! Polisi Dilarang Tersenyum..

Polisi Bandara di India/net

RMOLSumsel. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berupaya keras agar para anggota tidak menjadi sosok yang menakutkan bagi masyarakat. Tetapi tidak demikian di India, di mana para polisi dilarang terlihat banyak senyum terutama mereka yang bertugas di berbagai bandar udara (bandara).

Ya! Pemerintah India melarang polisi-polisi yang bertugas di bandara mengumbar senyum. Mereka khawatir, sikap ramah itu akan menimbulkan kesan bahwa tingkat keamanan di bandara rendah dan rawan ancaman serangan teror.

Organisasi Keamanan Central Industrial Security Force, yang bertanggung jawab atas keselamatan penerbangan di India, ingin agar para petugas lebih mementingkan kewaspadaan daripada keramahan.

"Lembaga ini mengubah aturan dan sistem yang selama ini mengharuskan polisi mengumbar senyum lebar  menjadi 'sistem dengan senyum seperlunya," tulis Kantor Berita BBC News yang dikutip hari ini, Kamis (11/10).

Aparat kemanaan India yakin keramahan yang berlebihan membuat berbagai bandara rawan dengan risiko serangan teroris. Pimpinan organisasi itu, Rajesh Ranjan bahkan mengatakan serangan 9/11 terjadi karena 'terlalu percaya dengan penampilan ramah para penumpang pesawat'.

Ini bukan pertama kalinya para petugas Kepolisian India diperintahkan untuk meningkatkan standar mereka atau mengubah perilaku mereka:

Pada Bulan Juli 2018, Kepolisian Negara Bagian Karnataka memerintahkan para anggotanya untuk menurunkan berat badan, jika tidak mereka akan diskors.

 Tahun 2004, polisi di Negara Bagian Madhya Pradesh dibiayai untuk menumbuhkan kumis, karena pimpinan polisi yakin mereka akan lebih dihormati jika tampil berkumis. [ida]

Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00