Jamal Terasing karena Menentang Pemerintah..Lalu Raib

Investigasi  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 12:15:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Jamal Terasing karena Menentang Pemerintah..Lalu Raib

Jamal Khashoggi/net

RMOLSumsel. Jamal Khashoggi, wartawan terkenal dan pengkritik Pemerintah Saudi Arabia,   a well-known journalist and critic of the Saudi government, masuk ke Konsulat Saudi Arabia di Istanbul pekan lalu. Ia ingin mengurus sejumlah dokumen, namun sejak saat itu ia menghilang.

Diberitakan Kantor Berita BBC, Kamis (11/10), kekasihnya cemas Khashoggi diculik atau dibunuh.  Pemerintah Istanbul yakin, ia dibunuh oleh agen-agen Saudi Rabia. Tetapi pihak Saudi bersikeras menyatakan, Khashoggi sudah meninggalkan Kantor Konsulat hanya beberapa saat setelah ia datang.

Siapakah Jamal Khashoggi? Ia menekuni karier sebagai seorang wartawan ketika dirinya sudah berteman dengan Osama bin Laden. Ia lalu menjadi menjadi pembangkang terkemuka terhadap Pemerintah Arab Saudi sehingga harus meninggalkan negaranya.

Sebelum hilang di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, keputusan Khashoggi untuk mengasingkan diri membuatnya harus membagi waktunya antara Amerika Serikat, Inggris, dan Turki.

Dia meninggalkan Arab Saudi pada bulan September 2017, setelah berbeda pendapat dengan penguasa Kerajaan Arab Saudi.

Dari luar negeri, dia menyebarkan pandangan kritis terhadap Pemerintah Saudi lewat kolomnya di koran Amerika Serikat, Washington Post, dan akun Twitternya yang sangat populer dengan lebih 1,6 juta pengikut.

Pria berumur 59 tahun ini memulai kariernya sebagai wartawan di Arab Saudi setelah lulus dari sebuah universitas Amerika di tahun 1985. Selama bekerja di Koran al-Madina di tahun 1990-an, dia banyak menulis tentang milisi berhaluan Islam yang pergi ke Afghanistan untuk melawan invasi Soviet.

Dia beberapa kali mewawancarai satu pria Arab Saudi, Osama bin Laden, yang dia katakan telah dikenalnya sejak masih muda.  Saat itu Osama bin Laden belum menjadi tokoh yang dikenal di Barat sebagai Pemimpin al-Qaida.


Khashoggi mengunjungi bin Laden di gua-gua pegunungan Tora Bora, selain mewawancarainya di Sudan pada tahun 1995. Beberapa tahun kemudian, Khashoggi sendiri diwawancarai media Jerman, Der Spiegel pada tahun 2011 terkait dengan hubungannya dengan Osama bin Laden.

Khashoggi mengakui telah menyebarkan pandangan bin Laden di masa lalu dengan menggunakan cara tidak demokratis seperti menyusupi sistem politik atau menggunakan kekerasan untuk membebaskan dunia Arab dari rezim korup. [ida]
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00