Terus Tergerus..Lahan Pertanian Palembang Dioptimalkan

Ekonomi  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 22:39:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

RMOLSumsel. Pemerintah harus segera mengambil sikap terkait penataan ruang bagi setiap sektor. Karena pembangunan yang cukup pesat ada di Kota Palembang, mulai mengikis lahan pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palembang Sayuti mengemukakan itu. Menurutnya, saat ini lahan pertanian di Kota Palembang tergerus sebanyak 10 persen dari pembangunan Tol di Gandus, Kertajaya,  dan pembangunan Perumahan Citra Land.

"Potensi lahan pertanian di Palembang seluas 628 hektar , dan yang sudah ditanami padi seluas 5.775 hektar. Pesatnya pembangunan di Palembang saat ini, yang dapat kami lakukan hanya bisa mempertahankan lahan pertanian yang sudah ada," terangnya.

Dia mengatakan area pertanian yang terbesar didominasi oleh tiga kecamatan yaitu Kecamatan Gandus, Kertapati, dan Kecamatan Kalidoni. Selain itu, untuk di kawasan Sematang Borang 90 hektar, Plaju 250 hektar, dan di 10 kecamatan lainnya.

Untuk mengoptimalkan produksi beras di Palembang, pihaknya melakukan dua kali panen selama satu tahun.

"Tahun ini kami mulai melakukan penanaman sebanyak dua kali dalam setahun, karena untuk menambah lahan pertanian baru tidaklah mudah, maka dari itu kami lebih fokus mengoptimalkan produksinya saja," terangnya.

Sayuti mengatakan, Palembang saat ini mampu memproduksi gabah sebanyak 4-5 ton per hektar, jika diakumulasikan dalam satu tahun Palembang mampu memproduksi 26ribu ton gabah kering.

"Kebutuhan beras di Palembang tidak kekurangan walaupun produksi belum mencukupi, karena Palembang bukan kota penyuplai beras," tandasnya. [ida]



Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00