Bersama BDC, Pemkot Palembang Gelar Workshop Pelaku KSM

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 21:50:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Bersama BDC, Pemkot Palembang Gelar Workshop Pelaku KSM

Produksi KSM/RMOLSumsel

RMOLSumsel. Untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,  melalui pelaku Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Business Development Center (BDC) pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), melaksanakan workshop (pelatihan).

Bertempat di Ruang Rapat Parameswara, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Rabu (10/10/18), Workshop diikuti 200 pelaku KSM.

Ketua Komite BDC Sriwijaya Kota Palembang Hj Hardayani  mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya pelaku KSM.

Dijelaskannya, BDC merupakan program Pemerintah Pusat yang selaras dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, yakni untuk membantu peningkatan kualitas produk dan akses pasar bagi Ksm yang tergabung dalam program Kotaku.

"Jadi BDC membina banyak Ksm, yang berfungsi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami juga memfasilitasi Ksm agar produk yang dihasilkan laku dipasaran," katanya.

Wanita yang selalu berpenampilan necis yang juga Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang ini mengaku, pihaknya juga berusaha untuk memberikan pinjaman modal bagi Ksm untuk mengembangkan produk yang dibuat. Agar lebih berkembang.

"Kami memfasilitasi mereka untuk pinjaman ke bank atau bisa juga dibantu melalui Program Pemkot Palembang yakni pinjaman tanpa bunga dan agunan, tentu Pemerintah Pusat maupun Pemkot Palembang berharap agar pelaku usaha masyarakat ini bisa berkembang, mandiri dan diterima pasar," ujarnya.

Banyak produk yang dihasilkan oleh KSM di bawah binaan BDC mulai dari sarung tenun, tas, songket hingga pempek.  Pihaknya juga telah membuka outlet bagi produk KSM untuk dititipkan dan dipasarkan.

"Kami sudah sewa ruko di Jalan Sultan Muhammad Mansyur. Sekarang sudah ada berbagai produk KSM yang dijual di sana dan tentunya sudah sesuai standar. Ada pempek, keripik dan segera menyusul produk KSM lainnya," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00