Kemarau, Air Terjun Di Pagaralam Tak Lagi Mengalir

Budaya  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 17:45:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Kemarau, Air Terjun Di Pagaralam Tak Lagi Mengalir

Air terjun Pagaralam yang kering/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Dilanda musim kemarau belakangan ini, sejumlah aliran sungai di wilayah Kota Pagaralam debitnya menyurut. Demikian juga berimbas terhadap potensi objek wisata seperti air terjun yang bahkan tak lagi menaglir alias kering kerontang. Seperti halnya Cughup Pemandian Putri di kawasan Talang Camai, Kelurahan Selibar, Kecamatan Pagaralam Utara.

Pantauan RMOLSumsel (9/10) belum lama ini di lokasi tersebut tak lagi ada aliran airnya. Air terjun yang terbentuk dari aliran lahar panas pasca letusan Gunung Api Dempo. Cukup unik dan eksotis, lantaran sepanjang alirannya terdapat tingkatan air terjun yang bercadas.

Selain kondisinya sudah mengering akibat cuaca kemarau, namun sepertinya juga belum tersentuh pembangunan akses ke lokasi yang berjarak tidak jauh dari pemukiman dusun setempat. Padahal, jika dibangun, tidak hanya memudahkan wisatawan berkunjung namun juga sangat membantu transportasi warga mengangkut komoditi utama perkebunan, yakni kopi.

Lurah Selibar, Wawan Ssos mengatakan, untuk air tejun Pemandian Putri ini cukup unik dan eksotis. Hanya saja, belum banyak diketahui masyarakat terlebih wisatawan luar.

"Ya itu tadi, selain kurang promosi wisata juga belum adanya akses yang memadai untuk menuju ke lokasi,” kata dia seraya mengatakan tentunya perlu adanya perhatian dari pihak terkait guna mendukung Pagaralam sebagai daerah wisata.

Senada dikatakan Yandi, Ketua RT setempat, bahwa debit air terjun Pamandian Putri warga setempat menyebutnya memang belakangan ini kering. Belum lagi persoalan aksesnya yang masih berupa jalan tanah yang terjal.

"Selain potensi wisata, air terjun ini juga menjadi sumber air bagi warga yang miliki pondok tak jauh dari lokasi tersebut,” kata dia.

Jimi Pasla, warga setempat mengaku, dirinya juga sangat berharap potensi wisata di dusunnya bisa tersentuh dengan pembangunan seperti pembangunan akses ke lokasi.

"Dengan adanya pembangunan potensi wisata tentunya bisa menggeliatkan perekonomian warga, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung,” pungkasnya.[sri]






Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00