Tinggal 19 Hotspot Membara di Sumsel

On The Spot  MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 20:28:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Tinggal 19 Hotspot Membara di Sumsel

ilustrasi/net

RMOLSumsel.  Kondisi Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang,  yang diselimuti kabut asap dalam beberapa hari terakhir, mulai berkurang seiring turunnya hujan di sejumlah wilayah hari ini, Minggu (7/10).

Kendati demikian pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel bersama sejumlah isntansi terkait terus melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai wilayah.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah menerangkan saat ini masih ada sejumlah wilayah yang masih terbakar tepatnya di Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Kalau kemarin masih ada yang terbakar seperti di Ogan Ilir, Pegayut, Ipul, Pemulutan dan Rambutan. Tadi pagi kita cek sudah tidak ada lagi terbakar dan kita bersama-sama untuk tetap siaga dan OKI masih ada yang terbakar seperti di Pangkalan Lampam," katanya dalam press conferencce di BPBD Sumsel, Minggu (7/10).

"Kita terus upayahkan pemadaman vaik darat dan udara secara bersama-sama dengan Mandala Agni, BPBD, BNPB, TNI-Polri," tambahnya.

Berdasarkan data sebaran titik hotspot juga mulai berkurang dibanding kemarin yang sebelumnya tersebar 113 titik dan kini hanya 19 titik hotspot yang tersebar di OKI, Muara Enim dan Banyuasin.

"Kita terus lakukan tindak pencegahan Karhutla baik darat dan udara dengan water bombing. Alhamdulillah hari ini udara cukup baik dan sudah terlihat awan Sibi yang berpotensi terjadinya ujan," jelasnya.

Iriansyah juga menjelaskan jika tingkat ISPU di Palembang sudah mulai normal berdasarkan data yang didapat ISPU masih 50 mikron/gram dengan jarak pandang 10 Kilometer. Pihaknya terus melakukan upayah pencegahan karhutlah dan melakukan patroli udara dengan 6 Helikopter secara bergantian.

"Kita terus stanby dengan enam heli, 2 heli saat ini sedang melakukan pemadaman. 2 Heli review dan 1 Heli stanby," tukasnya.

Sementara itu Gubernur Sumtera Selatan H Herman Deru mengatakan Sumsel harus zero gangguan asap oleh karena itu dia menginstrusikan kepada seluruh jajaran dan satgas untuk tetap serius menanggulangi gangguan asap di Sumsel.

 "Kita harus terus menjaga Sumsel zero asap bukan hanya lantatan agar tidak malu terhadap dunia internasional atau sesaat untuk perhelatan Asian Games saja. Saya juga menginstrusikan untuk masyarakat di daerah dilibatkan sampai tingkat kades," kata Gubernur saat menggelar rapat bersama Wakil Gubernur H Mawardi Yahya beserta Kepala BPBD, Dishut, BLH di Griya Agung tadi malam. [ida]



Komentar Pembaca
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00