Lahan Tidur Pemerintah Akan Dijadikan Proyek Percontohan Pertanian

Daerah  KAMIS, 04 OKTOBER 2018 , 16:35:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Lahan Tidur Pemerintah Akan Dijadikan Proyek Percontohan Pertanian

Walikota Alpian Maskoni/RMOLSumsel

RMOLSumsel. Walikota Alpian Maskoni meminta instansi dan dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam,  yang di sekitar kantornya memiliki lahan tidur, untuk bisa memanfaatkannya.


Pemanfaatan lahan tersebut bisa dijadikan percontohan untuk pertanian, agar pengawasan dan pertumbuhan serta hasilnya bisa dipantau dengan baik.

Hal ini disampaikan Walikota saat dia berkunjung ke Kantor Camat Pagaralam Selatan,  yang memiliki lahan persawahan tepat dibelakangnya.


Walikota mengatakan, seharusnya lahan yang ada ini dapat dimanfaatkan untuk lahan percontohan dengan menggunakan bibit unggul.


"Jadikan lahan percontohan dengan bibit yang unggul. Hal ini diharapkan akan menjadi referensi bagi para petani kita," ujarnya, Rabu (4/10).


Namun saat proses penanaman dan pemeliharaan harus didampingi oleh tenaga ahli dari dinas terkait. Dengan demikian bisa dketahui apa saja keunggulan dan kekurangan dari varietas yang ditanam.


"Jika berhasil maka akan bisa ditanam secara massal di Pagaralam. Dengan carai ini, kita bisa memiliki bibit unggul sendiri tanpa harus membeli ke daerah lain," jelasnya.


Dikatakan Wallikota, selama ini Pemkot masih banyak menggunakan lahan warga untuk mengembangkan bibit. Hal ini akan berpengaruh kepada hasil panen petani terutama jika hasilnya tidak baik.


"Jika pakai lahan kita sendiri selain bisa melakukan pengawasan secara instensif, jika gagal juga tidak  merugikan petani," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00