Surprise! Turunkan Berat Badan dengan Tidur..

Investigasi  SABTU, 29 SEPTEMBER 2018 , 23:43:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Surprise! Turunkan Berat Badan dengan Tidur..
RMOLSumsel. Kabar gembira! Bagi yang ingin menurunkan berat badan, ada cara gampang yang  bisa ditempuh; TIDUR. Benarkah? dr Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter membenarkannya.

Namun ditekankan dr Alberta, menurunkan berat badan tidak bisa secara cepat, harus brtahap. Karena yang  secara instan atau dalam waktu singkat merupakan awal dari berbagai masalah kesehatan.

Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan,” ujarnya seperti dikutip dari Klikdokter hari ini, Sabtu (29/9)..


Cara menurunkan berat badan dengan tidur :
Banyak ahli kesehatan berkata bahwa menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan cara kombinasi diet sehat dan olahraga secara rutin. Namun belakangan, terdapat cara baru yang disebut-sebut mampu menyaingi manfaat diet sehat dan olahraga rutin dalam hal menurunkan berat badan. Cara tersebut adalah tidur!

Dilansir dari Reader’s Digest, tidur ternyata mampu membakar sejumlah kalori yang nantinya bakal menyebabkan penurunan berat badan. Namun untuk ini, terdapat beberapa tips yang perlu diterapkan. Apa saja?


1. Penuhi asupan protein sebelum tidur
Para peneliti asal Florida State University menemukan bahwa pria yang minum milkshake dengan 30 gram protein sebelum tidur mengalami pengeluaran energi saat istirahat yang lebih tinggi di pagi hari berikutnya. Peneliti mengatakan: semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat.

2.  Tidur dalam kondisi benar-benar gelap
Jika Anda tinggal di daerah yang terpapar oleh lampu luar ruangan, gunakan tirai atau apa pun agar nuansa gelap tercipta di kamar tidur. Balikkan jam yang menyala dan matikan televisi.

Berdasarkan studi dari Journal of Pineal Research, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang tidak hanya membuat lebih mengantuk, tetapi juga dapat membantu membakar kalori dalam kegelapan.

 3.  Buat udara mengalir lebih dingin
Tidur dalam suhu yang dingin dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam semalam. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Diabetes, orang-orang yang tidur di kamar berudara dingin mampu membakar tujuh persen lebih banyak kalori daripada tidur dengan udara sekitar yang lebih hangat.

Itu karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk menaikkan suhu inti ke 98,6 derajat stabil, dimana ini akan membakar kalori. Jadi, proses tersebut mampu membantu Anda membakar 100 kalori lebih banyak selama tidur.

4.   Matikan semua peralatan elektronik
Sebelum Anda bersiap untuk tidur, matikan semua peralatan elektronik di kamar tidur, termasuk ponsel. Peneliti dari Manchester University menemukan bahwa cahaya biru yang dipancarkan tablet dan ponsel cerdas dapat menurunkan produksi melatonin dan mengganggu proses metabolisme.

Bahkan, terbiasa menyalakan televisi saat tidur juga dikaitkan dengan peningkatan trigliserida (terkait dengan sindrom metabolik dan diabetes). Selain itu juga berkaitan dengan menurunnya adiponektin, protein yang terlibat dalam mengatur kadar glukosa dan pemecahan asam lemak di dalam tubuh.

5.  Tidur tepat waktu  
Lewat komitmen jam tidur yang tepat waktu, Anda dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan saat tubuh istirahat. Sebuah studi American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang beristirahat dengan baik akan mengeluarkan energi (membakar kalori) lima persen lebih tinggi. Mereka yang tidur tepat waktu juga mampu membakar 20 persen lebih banyak kalori setelah makan.

Faktanya, kurang tidur membuat sel-sel lemak kurang sensitif terhadap insulin yang berkaitan dengan kelebihan berat badan (obesitas) dan diabetes. [ida]
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00