Komisi XI: Pasca Asian Games..Manfaatkan Semua Infrastruktur

Sosial  RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 17:57:00 WIB

Komisi XI: Pasca Asian Games..Manfaatkan Semua Infrastruktur

Komisi CI DPR RI/RMOLSumsel

RMOLSumsel. Komisi XI DPR RI, yang membidangi keuangan dan perbankan, melakukan kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (26/9).
 Kunjungan Komisi XI bersama PPN/Bappenas ini dalam rangka mengevaluasi pemanfaatan infrastruktur pasca Asian Games 2018, khususnya Pembangunan LRT Palembang.

Rombongan tim Komisi XI DPR RI tiba di Hotel Arya Duta disambut oleh Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo, Sekretaris Daerah Nasrun Umar beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam paparannya ke-18 Anggota DPR RI komisi XI  menekankan persoalan,  bagaimana efektitivitas dari pemanfaatan infrastuktur seperti Jalan Tol, Pembangunan venue Jakabaring, serta Pembangunan LRT pasca dari Asian Games.

Menurut mereka, selayaknya semua fasilitas yang dibangun untuk perhelatan Asian Games dimanfaatkan dan dirawat oleh Pemprov Sumsel karena telah menelan banyak anggaran untuk pembangunannya.

Kurnia, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP berkomentar mengatakan,"LRT mau diapakan setelah Asian Games? Karena kita ketahui LRT sebenarnya tidak cocok untuk modal transportasi kota. Di awal pembangunan sebenarnya hanya sebagai syarat agar Palembang bisa menjadi tuan rumah Asian Games," ujarnya .

Ia menambahkan, sampai saat ini pun LRT masih disubsidi oleh kemenhub. Pembangunannya pun belum total selesai semua. Dari 13 stasiun hanya 9 stasiun yang telah beroperasi.

"Untuk itu kami mengharapkan Bappenas dan Pemprov Sumsel jaga agar setiap aset yang telah kita bangun tidak mati suri pasca Asian Games. Karena tidak menutup kemungkinan masih banyak event nasional dan internasional yang akan diadakan di sini," tandasnya.  

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Hafisz Thohir juga mengatakan,  dampak positif perhelatan Asian Games adalah  ekonomi Sumsel tumbuh, terutama bidang industri,  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

DIKatakan dia, cukup menggembirkan karena pertumbuhan ekonomi Sumsel rata-rata 6,1 sedangkan nasional 5,15 persen. Ini menunjukkan bahwa Asian Games berdampak langsung pada perekonomian masyarakat Sumsel. Artinya dapat menumbuhkan dan membangkitkan industri kecil dan menengah.

Menurut dia, selama ini industri berbasis teknologi dan besar sehingga tidak menyentuh masyarakat kecil,  ada juga nilai tukar petani menurun terutama harga karet dan sawit yang turun.

ini lain hal. Tidak berkaitan langsung dengan upaya mendongkrak harga di tingkat petani,  karena Asian Games fokusnya untuk APBN, sehingga Asian Games tidak bersentuhan langsung dengan pertanian,”ujar dia.    

Sedangkan untuk venue di Jakabaring yang telah dihibahkan Pemerintah Pusat kepada Pemprov Sumsel,  untuk dirawat dengan baik sehingga tidak terbengkalai.

Venue-venue ini diharapkan bermanfaat untuk menciptakan lahirnya atlet-atlet profesional, dan yang paling penting juga  menjadi salah satu destinasi wisata untuk mengaet wisatawan,”ujar politisi PAN ini.

 Sementara itu Sekda Nasrun Umar dalam paparannya mengatakan, setelah Asian Games akan kembali dibangun infrastruktur di Sumsel. Selain itu juga SMB II akan dikembangkan lagi. Infrastruktur sudah sangat memadai, jalan tol, jembatan dan lainnya sudah sangat menunjang bagi perekonomian ke depan. [nurasiah/ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00